Semakin banyaknya bisnis kuliner di Kota Bandung membuat restoran Jepang perlu memperhatikan keunggulan kompetitifnya agar tidak kehilangan konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan layanan yang berkualitas tinggi sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh langsung kualitas layanan restoran Jepang terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan serta mengetahui peran kepuasan pelanggan sebagai mediasi antara kualitas layanan dengan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil kuesioner kepada 400 responden yang berdomisili di Kota Bandung. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil temuan pada penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan (kualitas makanan, karyawan, harga dan lingkungan) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Karyawan, harga dan lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas, tetapi kualitas makanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan lainnya, yaitu kepuasan pelanggan dapat memediasi kualitas layanan dari karyawan, harga dan lingkungan terhadap loyalitas pelanggan. Akan tetapi, kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi kualitas makanan dengan loyalitas pelanggan restoran Jepang di Kota Bandung. Penelitian ini merekomendasikan kepada pihak restoran Jepang untuk terus meningkatkan serta mempertahankan kualitas layanan secara konsisten sehingga dapat terus meningkatkan kepuasan pelanggan yang dapat memicu munculnya loyalitas.
Kata Kunci : kepuasan pelanggan, kualitas layanan, loyalitas pelanggan