Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini terus berkembang dan jumlahnya cukup banyak. Mozeto Busana merupakan salah satu UMKM yang menjalankan suatu bisnis pada penjualan pakaian, namun Mozeto Busana mengalami penurunan omset dan penjualan yang fluktuaktif, yang mengakibatkan tidak tercapainya target yang telah ditentukan oleh Mozeto Busana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal pada Mozeto Busana serta mengetahui alternatif strategi pemasaran yang sebaiknya diterapkan pada Mozeto Busana agara dapat meningkatkan penjualan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method yaitu kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Pada metode kualitatif menggunakan teknik wawancara dan metode kuantitatif menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSPM.
Berdasarkan metode kualitatif dari hasil wawancara, datanya diolah secara kuantitatif pada matriks IFE, matriks EFE, dan Matriks IE. Hasil pengolahan matriks IE , matriks SWOT dan QSPM diperoleh hasil bahwa perusahaan memiliki dua pilihan alternatif strategi yakni strategi pemasaran dengan memasarakan produk secara online dan menambah fasilitas ruang ganti untuk kenyamanan pelanggan.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi untuk ilmu manajamen pemasaran terkait dengan strategi pemasaran bisnis dan dapat dijadikan bahan untuk meninjau strategi yang telah diterapkan oleh perusahaan sehingga dapat membantu perusahaan mengembangkan strategi pemasarannya.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, IFE, EFE, SWOT, QSPM