PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA YANG DIMEDIASI OLEH ENTREPRENEURIAL SELF-EFFICACY PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA PROBOLINGGO

AUDI ELVIRA WIDIYANTI

Informasi Dasar

22.04.1772
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting pada perekonomian di Indonesia dan didukung oleh berbagai program yang melibatkan seluruh lembaga agar UMKM di Indonesia terus berkembang. Salah satu lembaga yang ikut serta dalam program pengemabangan UMKM di Indonesia adalah lembaga pendidikan, terutama pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Seluruh SMA Negeri di Probolinggo telah menerapkan sistem pendidikan kewirausahaan sejak tahun 2013. Tetapi masih belum ditemukan bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha khususnya pada siswa SMA Negeri di kota Probolinggo.

Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha, guna mengetahui pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Entrepreneruial self-efficacy siswa, mengetahui pengaruh Entrepreneruial self-efficacy terhadap terhadap Niat Berwirausaha siswa, dan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha yang dimediasi Entrepreneruial self-efficacy.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode kuantitatif dilakukan dengan mengolah data primer hasil kuesioner pernyataan yang kemudian dilakukan pengujian statistik. Item pernyataan didistribusikan kepada siswa SMA Negeri di Kota Probolinggo, melalui survei daring.

Hasil dari penelitian ini didapatkan dari 356 koresponden. Semua data dinyatakan normal dan tidak terjadi multikolonieritas. Data mengungkapkan bahwa setiap variabel mempengaruhi satu sama lain. variabel mediasi yang digunakan juga memediasi hubungan antara Pendidikan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan evaluasi bagi guru- guru SMA Negeri di kota Probolinggo demi memenuhi niat wirausaha siswa. Salah satu cara yang dapat diterapkan yaitu dengan mengembangkan kurikulum mata pelajaran pendidikan kewirausahaan lebih berfokus pada praktek dibandingkan materi serta memberikan materi berupa tata cara pembuatan usaha baru. Penelitian ini juga diharapkan untuk peneliti selanjutnya mampu lebih mengembangkan dari segi variabel mediasi yang digunakan karena akan mempengaruhi hasil yang berbeda juga, serta menggali lebih jauh tentang kaitan antara hasil yang didapatkan dengan kelas peminatan siswa melalui sudut pandang psikologis kewirausahaan.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA YANG DIMEDIASI OLEH ENTREPRENEURIAL SELF-EFFICACY PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA PROBOLINGGO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AUDI ELVIRA WIDIYANTI
Perorangan
Mediany Kriseka Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM791064 - ENTREPRENEURSHIP
  • SI591064 - ENTREPRENEURSHIP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini