ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI BISNIS PADA STARTUP MELALUI KONSEP STRATEGI PIVOT (STUDI KASUS PADA INKUBATOR BISNIS BANDUNG TECHNO PARK)

GEMINTANG ANUGRAH FATHURACHMAN

Informasi Dasar

22.04.1803
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penduduk Indonesia bertambah setiap tahunnya dan sejalan dengan pertumbuhan startup di Indonesia. Ekonomi Indonesia tahun 2020 hingga 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 3,51%, bisnis startup berperan bagi pertumbuhan ekonomi. Indonesia termasuk negara dengan startup terbanyak di dunia. Tidak sedikit startup mengalami kegagalan ketika berkembang. Startup perlu melakukan refleksi terhadap kinerja perusahaan dan menyusun strategi yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan strategi bisnis pada startup di Inkubator Bisnis Bandung Techno Park melalui konsep strategi pivot. Fenomena dalam penelitian ini dieksplorasi dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dan triangulasi sumber dengan melibatkan startup alumni Inkubator Bisnis Bandung Techno Park sebagai narasumber. Narasumber yang terlibat adalah CEO Startup sebanyak empat orang dan seorang expert. Narasumber diwawancarai mengenai faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan strategi bisnis melalui konsep strategi pivot. Tipe strategi pivot yang paling umum digunakan adalah Zoom-in Pivot, Zoom-out Pivot, Customer Segment Pivot, dan Customer Need Pivot. Faktor penyebab yang memengaruhi ketika memutuskan menggunakan strategi pivot adalah permintaan pelanggan, pemilihan target segmen yang tidak sesuai, visi bisnis yang kurang tepat, fitur yang tidak sesuai, dan menemukan peluang baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan strategi pivot, sehingga dapat menjadi pertimbangan ketika mengambil keputusan bagi startup yang sedang berkembang.

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
BUSINESS STRATEGY,

Katalog

ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI BISNIS PADA STARTUP MELALUI KONSEP STRATEGI PIVOT (STUDI KASUS PADA INKUBATOR BISNIS BANDUNG TECHNO PARK)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GEMINTANG ANUGRAH FATHURACHMAN
Perorangan
Sisca Eka Fitria
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM791064 - ENTREPRENEURSHIP
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • EBH0C4 - MANAJEMEN BISNIS
  • EBH0I4 - MANAJEMEN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini