RANCANG BANGUN FRONT-END APLIKASI ANDROID PADA STARTUP EDUALECTA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

KAMILIA LUTHFIYYAH

Informasi Dasar

22.04.1813
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini penggunaan teknologi sering digunakan oleh masyarakat untuk menunjang kegitan mereka. Aplikasi mobile dapat membantu semua orang di berbagai bidang salah satunya di bidang pendidikan. Kebanyakan bimbingan belajar di Indonesia menggunakan sistem pembayaran secara paket, tetapi ada beberapa siswa yang hanya ingin melakukan bimbingan belajar dengan satu mata pelajaran tertentu saja. Selain itu siswa tidak dapat melakukan pembelajaran di tempat yang mereka inginkan secara tatap muka.

Maka dari itu dibuatlah aplikasi mobile layanan bimbingan belajar bernama EduAlecta, sehingga siswa dapat melakukan pemesanan bimbingan belajar dengan cepat, murah dan mudah. Sistem kerja aplikasinya siswa dapat memesan pengajar berdasarkan mata pelajaran yang dibutuhkan dan selanjutnya menentukan titik lokasi belajar. Sistem akan melacak pengajar yang terdekat dengan titik lokasi siswa yang telah melakukan pemesanan. Apabila telah sampai di lokasi yang telah ditentukan maka proses belajar mengajar dapat dilaksanakan setelah menscan barcode yang terdapat di aplikasi EduAlecta pengajar, lalu timer durasi bimbingan belajar akan menyala. Apabila proses pembelajaran telah selesai maka dilakukan proses pembayaran kepada pengajar, kemudian siswa dapat memberikan rating atau review kepada pengajar. Pada aplikasi pengajar pesanan dapat diterima atau ditolak apabila tidak sesuai dengan kriteria.

Penelitian ini menghasilkan tampilan antarmuka aplikasi android pemesanan layanan bimbingan belajar. Front-end aplikasi dibangun menggunakan Flutter. Metode yang digunakan yaitu User Centered Design (UCD) yang berfokus pada kebutuhan pengguna untuk membuat aplikasi. Tahapan pengujian aplikasi yang akan dilakukan yaitu pengujian alpha dan beta. Pada pengujian alpha menujukan semua fitur berhasil dijalankan. Pengujian beta menggunakan uji validitas menujukan semua butir soal bernilai valid. Seluruh butir soal bernilai sangat reliable setelah dilakukan pengujian kepada responden siswa dengan r11 0.909 dan responden pengajar dengan r11 0.959.

Kata Kunci: Aplikasi, Bimbingan Belajar, EduAlecta, Front-end.

Subjek

ANDROID
PROGRAMMING FOR SPECIFIC OPERATING SYSTEMS,

Katalog

RANCANG BANGUN FRONT-END APLIKASI ANDROID PADA STARTUP EDUALECTA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KAMILIA LUTHFIYYAH
Perorangan
Burhanuddin Dirgantoro, Umar Ali Ahmad
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini