Canggihnya teknologi saat ini membawa banyak keuntungan, seperti membantu dan mempermudah individu dalam melakukan aktivitas, mempermudah perusahaan dalam mencapai tujuannya, serta membawa keuntungan perekonomian kepada negara. Namun, adanya pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan aktivitas, salah satunya yakni perubahan cara berbelanja seseorang. Di zaman serba digital seperti saat ini, tersedianya berbagai platform berbelanja online menjadi jalan keluar bagi konsumen yang ingin menghindari kontak langsung ketika berbelanja. Selama pandemi Covid-19, generasi Z merupakan segmen yang terbesar dalam menggunakan layanan online, termasuk di dalamnya belanja online. Salah satu platform berbelanja online yang paling diminati di Indonesia adalah Shopee. Banyak hal mempengaruhi keputusan seseorang dalam berbelanja online seperti harga dan pengalaman berbelanja online. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh harga dan pengalaman berbelanja online terhadap keputusan pembelian online pada Generasi Z di Shopee.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability sampling dengan metode purposive sampling terhadap 385 responden melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu program SPSS 25.
Berdasarkan analisis deskriptif ketiga variabel yang diteliti yakni harga, pengalaman berbelanja online, dan keputusan pembelian masuk ke dalam kategori sangat baik, dengan persentase masing-masingnya secara berurutan yakni 87,7%, 88,3%, dan 87,5%. Harga dan pengalaman berbelanja online masing-masing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Generasi Z dalam berbelanja online di Shopee pada masa pandemi Covid-19. Selain itu, harga dan pengalaman berbelanja online secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Generasi Z dalam berbelanja di Shopee pada masa pandemi Covid-19.