STRATEGI MANAJEMEN HUBUNGAN SOSIAL KONSUMEN DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PT POS INDONESIA

RISMA CAHYANI

Informasi Dasar

92 kali
22.04.1881
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap harinya terdapat pelanggan yang mengajukan keluhan di kolom komentar Instagram utama Pos Indonesia (@posindonesia.ig). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pos Indonesia dalam membentuk strategi Social CRM untuk mengatasi keluhan pelanggan di media sosial Instagram @posindonesia.ig. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah elemen Social CRM oleh Jake dan Mckee (2010:235) yang terdiri dari listening, responding, connecting, dan collaborating. Kemudian menggunakan teori model media sosial SOME (share, optimize, manage, engage) oleh Luttrell (2018:108). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah strategi Social CRM yang dilaksanakan oleh komunikasi internal dan contact center Pos Indonesia mencakup empat aktivitas, diantaranya responding terhadap keluhan pelanggan; social media monitoring terhadap percakapan di media sosial Instagram; social media content untuk sosialiasi pelanggan mengajukan keluhan ke platform yang sudah disediakan; dan keempat, yaitu internal buzzer untuk memberikan komentar positif di post yang dipenuhi oleh komentar negatif.

Subjek

CUSTOMER RELATIONSHIPS MANAGEMENT
STRATEGY MARKETING, CONSUMEN BEHAVIOUR,

Katalog

STRATEGI MANAJEMEN HUBUNGAN SOSIAL KONSUMEN DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PT POS INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISMA CAHYANI
Perorangan
Anisa Diniati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KHI3O3 - ANALISIS DATA DIGITAL
  • PRH2D3 - MANAJEMEN REPUTASI DAN KRISIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini