REPRESENTASI METROSEKSUAL DALAM VIDEO MUSIK SEVENTEEN “THANKS” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Dalam Video Musik Seventeen “Thanks”)

FIRDA RAUDHAH MARSILA

Informasi Dasar

22.04.1908
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam video musik milik Seventeen berjudul Thanks ini, terdapat penggambaran aktivitas di balik panggung dari beberapa pria yang merupakan anggota Seventeen sebagai seorang pekerja di industri musik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pria metroseksual digambarkan dalam video musik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Peneliti menggunakan trikotomi tanda Charles Sanders Peirce, antara lain representasi (ikon, indeks, simbol), objek (qualisign, sinsign, legisign), dan interpretan (rhema, decisign, argumen). Video musik ini memiliki beberapa adegan yang memunculkan fenomena metroseksual yang digambarkan dengan pria yang menggunakan riasan, memilih pakaian, mengikuti trend gaya busana, dan bekerja di industri musik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, terdapat aktivitas pria metroseksual yang biasanya diidentikan untuk kaum wanita dalam video musik ini. Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah tuntutan masyarakat dan pekerjaan yang membuat seorang pria atau wanita seakan-akan diwajibkan untuk merawat penampilan mereka. Maka dari itu, terjadi lah transisi bentuk maskulinitas tradisional yang memunculkan fenomena metroseksual.

Kata Kunci: metroseksual, semiotika, video musik, Korean Wave, K-POP

Subjek

SEMIOTICS
Video, COMMUNICATION AND CULTURE,

Katalog

REPRESENTASI METROSEKSUAL DALAM VIDEO MUSIK SEVENTEEN “THANKS” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Dalam Video Musik Seventeen “Thanks”)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRDA RAUDHAH MARSILA
Perorangan
Arie Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KII2G3 - KOMUNIKASI VISUAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini