REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN PRODUK DOWNY VERSI “BERSAMA DOWNY HARUMKAN NAMAMU UNTUK BEBAS BEREKSPRESI” (Analisis Semiotika Roland Barthes)

PUTU ANGGI AMALIA

Informasi Dasar

22.04.1917
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul Representasi Kesetaraan Gender dalam Iklan Produk Downy Versi “Bersama Downy Harumkan Namamu untuk Bebas Berekspresi” (Analisis Semiotika Roland Barthes), menganalisis respresentasi kesetaraan gender yang terdapat pada iklan ini, seperti adanya stereotip yang sudah lama di masyarakat tentang perempuan yang memiliki keterbatasan dalam berekspresi. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan metode penelitian semiotika Roland Barthes dengan menganalisis denotasi, konotasi, dan mitos. Data yang terdapat dalam penelitian ini terdiri dari tujuh scene yang dianalisis berdasarkan scene yang terdapat makna kesetaraan gender yang dikaitkan dengan berbagai teori. Adapun hasil dari penelitian ini yang telah dilakukan analisis terhadap denotasi (makna yang terlihar jelas dalam potongan scene dan narasi), konotasi (makna yang tersirat dan subjektif) ,dan mitos (suatu pemaknaan yang sudah ada sebelumnya) yang terdapat dalam Iklan Produk Downy Versi “Bersama Downly Harumkan Namamu untuk Bebas Berekspresi”. Pada iklan ini Downy menggambarkan perempuan untuk bisa melakukan apapun yang dia inginkan, baik itu sesuatu hal yang biasa dikerjakan oleh laki-laki. Iklan ini juga membuktikan bahwa stereotip yang selama ini ada pada masyarakat yang mangakibatkan perempuan seringkali dibatasi atau dilarang untuk melakukan sesuatu merupakan hal yang kurang tepat, karena perempuan sama halnya dengan laki-laki yang mampu melakukan apapun yang dia inginkan selama itu baik.

Subjek

KOMUNIKASI
PRODUCT, SEMIOTICS,

Katalog

REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN PRODUK DOWNY VERSI “BERSAMA DOWNY HARUMKAN NAMAMU UNTUK BEBAS BEREKSPRESI” (Analisis Semiotika Roland Barthes)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTU ANGGI AMALIA
Perorangan
Abdul Fadli Kalaloi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini