PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL GRAND TJOKRO PREMIERE BANDUNG

AMALIA NEVERTARI

Informasi Dasar

22.04.1970
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa khususnya bidang parisiwisata. Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung melakukan penilaian kinerja setiap tahunnya guna untuk mengukur kinerja karyawan. Berdasarkan data sekunder yang diperoleh yaitu penilaian kinerja karyawan Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung memiliki permasalahan pada kinerja karyawan yang menurun pada tahun 2020 dan 2021 serta permasalahan pada keterlambatan atau ketidakhadiran karyawan yang cukup tinggi pada karyawan Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung.  

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui disiplin kerja, komitmen organisasi dan kinerja karyawan di Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung, dan juga untuk melihat pengaruh disiplin kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung secara parsial maupun simultan.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagai pengumpulan data. Objek penelitian yang digunakan penelitian ini adalah karyawan Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan jenis teknik sampel jenuh yaitu sebanyak 108 karyawan hotel. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur setiap variabel dari pernyataan adalah dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan uji asumsi klasik, liniear berganda, analisis deskriptif, dan uji hipotesis. Pengujian dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS Statistic ver. 26. 

Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara simultan maupun parsial antara disiplin kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan positif antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai korelasi sebesar 0,779 dan adanya pengaruh signifikan positif antara komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan dengan nilai korelasi sebesar 0,708. Sedangkan, berdasarkan hasil koefisien determinasi disiplin kerja dan komitmen organisasi memiliki kecenderungan pengaruh sebesar 0,671 atau 67,1% terhadap kinerja karyawan Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung, sedangkan sisanya adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah disiplin kerja dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya serta menjadi bahan kajian bagi penelitian selanjutnya yang akan meneliti mengenai pengaruh disiplin kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan.

Subjek

Human resouces management
PERSONEL MANAGEMENT, PERFORMANCE,

Katalog

PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL GRAND TJOKRO PREMIERE BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMALIA NEVERTARI
Perorangan
Nidya Dudija
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI331044 - HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
  • SM331053 - PERILAKU ORGANISASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini