Pengaruh Customer Review dan Influencer Endorsement terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Variabel Moderasi pada Brand Make Over di Kota Bandung

HILMISYAIMA

Informasi Dasar

146 kali
22.04.1973
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Saat ini revolusi digital secara drastis telah mengubah perilaku konsumen, dimana orang-orang telah bergantung pada saluran online untuk meneliti dan membeli beragam produk dan layanan karena dianggap lebih mudah dan lebih efektif. Selain itu adanya peningkatan pada pengguna internet di Indonesia dan terdapat data yang menyatakan adanya kenaikan pada pendapatan pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia yang diperkirakan outlook pasar kecantikan ini akan terus meningkat hingga 2025. Pada tahun 2020 Make Over menjadi salah satu merek makeup terpopuler di Indonesia, namun masih berada diurutan bawah pada kategori merek makeup terpopuler di Indonesia dengan memiliki pangsa responden sebesar 17,3%.

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang disebabkan oleh variabel customer review dan variabel influencer endorsement terhadap purchase intention di Make Over, serta untuk mengetahui pengaruh trust dalam memoderasi customer review dan influencer endorsement yang mengarah pada purchase intention di Make Over.

Pengambilan teknik sampling pada penelitian ini menggunakan non- propbality sampling dengan jumlah sampel sebanyak 384 responden. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif untuk mendeskripsikan sekumpulan data yang diperoleh pada gambaran umum yang dilihat dari karakteristik kuesioner, dan data analisis Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) yang kemudian diolah menggunakan SmartPLS.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada variabel customer review tidak memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention, sedangkan influencer endorsement terbukti memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention di Make Over, kemudian trust terbukti memoderasi customer review yang mengarah ke purchase intention di Make Over namun melemahkan sedangkan trust pada influencer endorsement tidak terbukti memoderasi yang mengarah ke purchase intention di Make Over.

Adapun saran yang dapat penulis berikan untuk perusahaan, yaitu untuk dapat memberikan lebih banyak informasi mengenai produk Make Over kepada influencer endorsement untuk lebih meningkatkan dalam purchase intention. Selain itu untuk peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti pada perusahaan lain di bidang industri yang sama agar dapat memperluas penelitian.

Kata Kunci: Customer Review, Influencer, Manajemen Bisnis, Purchase Intention, Pemasaran Digital, Trust

ABSTRACT

Nowadays the digital revolution has drastically changed consumer behavior, where people have depended on online channels to research and buy various products and services because it is considered easier and more effective. In addition, there is an increase in internet users in Indonesia and there is data stating that there is an increase in the income of the beauty and personal care market in Indonesia, which is estimated that the outlook for this beauty market will continue to increase until 2025. In 2020 Make Over will become one of the most popular makeup brands in Indonesia. , but is still at the bottom of the most popular makeup brand category in Indonesia with a share of 17.3% of respondents.

The purpose of this study was to determine the effect caused by the customer review variable and the influencer endorsement variable on purchase intention in Make Over, as well as to determine the effect of trust in moderating customer review and influencer endorsement that leads to purchase intention in Make Over.

The sampling technique used in this study was non-probability sampling with a total sample of 384 respondents. The data analysis method used in this study is descriptive analysis to describe a set of data obtained in the general description seen from the characteristics of the questionnaire, and the Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis data which is then processed using SmartPLS.

The results of this study indicate that the customer review variable does not have a positive influence on purchase intention, while the endorsement influencer is proven to have a positive influence on purchase intention in Make Over, then trust is proven to moderate customer reviews which lead to purchase intention in Make Over but weakens while trust the influencer endorsement is not proven to moderate which leads to purchase intention in Make Over.

As for the suggestions that the author can give to the company, namely to be able to provide more information about Make Over products to influencer endorsements to further increase purchase intention. In addition, for further researchers to be able to research other companies in the same industry in order to expand research.

Keywords: Business Management, Customer Reviews, Digital Marketing, Influencer, Marketing, Purchase Intention, Trust

Subjek

BUSINESS MARKETING
CUSTOMER, BRAND,

Katalog

Pengaruh Customer Review dan Influencer Endorsement terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Variabel Moderasi pada Brand Make Over di Kota Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HILMISYAIMA
Perorangan
REFI RIFALDI WINDYA GIRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2H4 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini