PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN NASABAH PADA PENGGUNA LIVIN’ BY MANDIRI

REGYTA PERMATA FUJIANI HARIYANTO

Informasi Dasar

225 kali
22.05.076
381.450 020.68
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Bank dituntut mampu mengubah dirinya melalui transformasi digital secara end-to-end untuk menjaga daya saingnya. Oleh karena itu, penting bagi bank sebagai perusahaan yang bergerak di pelayanan jasa keuangan untuk lebih peka terhadap perkembangan teknologi. Kemajuan pesat di bidang finansial dan teknologi ini juga meningkatkan persaingan industri perbankan pada inovasi jasa perbankan serta layanan elektronik bagi para nasabahnya khususnya mobile banking. Hasil survey Top Brand Index 2020 menunjukkan produk m-BCA menempati peringkat teratas sebagai mobile banking pilihan nasabah diikuti oleh produk BRI mobile, m-banking Mandiri yang masih kalah jauh dibandingkan dengan posisi pertama m-BCA. Dua produk mobile banking terendah yaitu BNI Mobile dan CIMB Niaga Mobile. Hasil survey itu mengindikasikan bahwa ada faktor yang menyebabkan produk m-banking Livin’ by Mandiri kalah bersaing dengan produk m-BCA dan BRI Mobile. Diduga bahwa kualitas layanan elektronik Livin’ by Mandiri menjadi faktor penyebab produknya kalah bersaing dengan produk m-BCA sehingga bisa berdampak pada menurunnya loyalitas nasabah dan bisa beralih menggunakan m-Banking pada bank yang lain Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian responden pada variabel interface design, reliability, responsiveness, trust, personalization, kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah Livin’ by Mandiri. Untuk mengetahui pengaruh interface design, reliability, responsiveness, trust, dan personalization terhadap kepuasan nasabah, pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas. Untuk mengetahui pengaruh interface design, reliability, responsiveness, trust, dan personalization terhadap loyalitas pada Livin’ by Mandiri melalui mediasi kepuasan. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode purposive sampling dengan sampel responden nasabah Livin’ by Mandiri sebanyak 385 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS (Partial Least Square). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat interface design, reliability, responsiveness, trust, dan personalization, kepuasan serta loyalitas nasabah termasuk pada kategori tinggi. Uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari interface design, reliability, responsiveness, trust, dan personalization terhadap kepuasan nasabah pada Livin’ by Mandiri. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada Livin’ by Mandiri. Terdapat pengaruh mediasi kepuasan dalam hubungan antara interface design, reliability, responsiveness, trust, personalization dan loyalitas pada Livin’ by Mandiri. Kata Kunci: Livin’ by Mandiri, e-service quality, kepuasan nasabah, loyalitas.

Subjek

Management - business
 

Katalog

PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN NASABAH PADA PENGGUNA LIVIN’ BY MANDIRI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REGYTA PERMATA FUJIANI HARIYANTO
Perorangan
INDIRA RACHMAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini