Pembelajaran daring merupakan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah akibat terjadinya pandemi Covid-19. Penerapan sistem pembelajaran daring dapat mengurangi dan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang motivasi belajar serta faktor penghambat dan juga faktor pendukung motivasi belajar mahasiswa. Metode dan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada enam informan yakni lima mahasiswa Kota Bandung dan satu psikolog. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemikiran diri sendiri merupakan peranan dalam memotivasi belajar mahasiswa, subjek pertama, ketiga dan kelima telah mengalami penurunan motivasi belajar, subjek yang kedua mengalami fase motivasi yang naik turun dan subjek keempat tidak mau kehilangan motivasi belajarnya. Dengan menggunakan indikator motivasi belajar, faktor pendorong dan faktor penghambat yang menghasilkan beberapa tema penelitian.
Kata Kunci: teori diri, komunikasi intrapersonal, motivasi belajar, pembelajaran daring, mahasiswa.