ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA MANASUKA COFFEE)

FAHMI MAULANA AKBAR

Informasi Dasar

22.04.2096
338.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di Indonesia Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi dan peran yang cukup signifikan, termasuk dalam memperluas kesempatan kerja. UMKM juga menjadi sumber penghasilan terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk melakukan kegiatan ekonomi produktif. Jumlah pelaku UMKM di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat termasuk di Kota Bekasi. Manasuka Coffee merupakan salah satu UMKM yang ada di Kota Bekasi yang bergerak di bidang coffee shop.

Tingkat persaingan bisnis di Indonesia yang sangat ketat, adanya regulasi pemerintah yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat para pelaku UMKM termasuk Manasuka Coffee harus selalu berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar, menjangkau konsumen, menentukan strategi dan harus mampu mengenali apa yang menjadi kebutuhan dan harapan konsumen. Untuk menjaga eksistensi Manasuka Coffee, diperlukan strategi untuk bertahan dan strategi yang dapat diterapkan di masa yang akan datang. Untuk itu perlu dilakukan analisis SWOT yang komprehensif. Berdasarkan hasil analisis SWOT, disusun rencana pengembangan model bisnis yang baru dengan pendekatan business model canvas.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat model bisnis Manasuka Coffee saat ini, model bisnis Manasuka Coffee berdasarkan analisis SWOT dan membuat model bisnis yang baru untuk Manasuka Coffee agar dapat diterapkan dan bisa melakukan pengembangan usaha.

Pada studi ini penulis menggunakan pendekatan business model canvas untuk memetakan model bisnis dari Manasuka Coffee dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi narasumber.

Berdasarkan hasil dari penelitian, diperoleh gambaran model bisnis business model canvas Manasuka Coffee yang sedang dijalankan saat ini dari hasil wawancara. Dari hasil analisis SWOT yang dilakukan terhadap business model canvas saat ini, menunjukan adanya kekuatan dan kelemahan dari Manasuka Coffee, ancaman yang harus dihadapi, dan peluang yang harus dimanfaatkan oleh Manasuka Coffee.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapat rekomendasi dari penyempurnaan business model canvas yang sedang dijalankan saat ini agar dapat dijadikan sebagai alternatif strategi untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis.

 

Kata Kunci: UMKM, Business Model Canvas, SWOT, Manasuka Coffee

Subjek

MANAJEMEN
BUSINESS ADMINISTRATION,

Katalog

ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA MANASUKA COFFEE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAHMI MAULANA AKBAR
Perorangan
Lia Yuldinawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM791064 - ENTREPRENEURSHIP
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini