Pengaruh Digital Literacy dan Digital Capability terhadap Personal Innovativeness pada PT. Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi Lampung

QORIN DELICIA ALMY FORTUNA

Informasi Dasar

119 kali
22.04.2108
658.312 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam upaya pengembangan nya PT. Telkom Indonesia berusaha untuk melakukan transformasi digital dan hal tersebut sudah terbukti membawa dampak positif pada perusahaan pada tahun 2021 ini. PT. Telkom memiliki 3 domain utama pada ranah bisnis digital yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital services. Salah satu strategi yang dilakukan PT. Telkom adalah meningkatkan digital literacy pada semua karyawan perusahaan dan digital capability perusahaan nya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat digital literacy, digital capability dan personal innovativeness pada PT. Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi Lampung dan bagaimana pengaruh digital literacy dan digital capability terhadap personal innovativeness pada karyawan di PT. Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari menyebarkan kuesioner kepada 146 responden.

Responden yang terlibat yaitu karyawan PT. Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi Lampung. Kuesioner dalam penelitian ini memiliki 38 item pertanyaan dengan menggunakan skala likert lima titik. Metode sampling yang digunakan adalah probability sampling. Kemudian untuk hasil pada penelitian ini akan dijelaskan melalui teknik analisis data berupa analisis deskriptif, regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.

Penelitian ini menunjukan hasil digital literacy berpengaruh positif terhadap personal innovativeness yang mempertajam pernyataan yang dikemukakan oleh (Güngör & Kurtipek, 2020:761) yaitu rasa keingintahuan suatu individu terhadap produk digital dapat dikatakan berkaitan juga dengan cara pandang individu terhadap inovasi. Ditemukan juga hasil digital capability berpengaruh positif terhadap personal innovativeness yang mempertajam pernyataan yang dikemukakan oleh (Khin & Ho, 2019:14) yaitu adanya pengaruh antara digital capability dengan personal innovativeness.

Hasil uji koefisien determinasi memperlihatkan hasil variabel digital literacy dan digital capability memiliki pengaruh sebesar 55,6% terhadap variabel personal innovativeness, sedangkan sisanya sebesar 44,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadi masukan untuk PT. Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi Lampung dalam meningkatkan digital literacy karyawannya dan digital capability perusahaan yang nantinya akan menciptakan inovasi untuk memajukan perusahaan.

Kata Kunci: Literasi Digital, Kapabilitas Digital, Keinovatifan Individu

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
EMPLOYEE DEVELOPMENT,

Katalog

Pengaruh Digital Literacy dan Digital Capability terhadap Personal Innovativeness pada PT. Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi Lampung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

QORIN DELICIA ALMY FORTUNA
Perorangan
Kiki Sudiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI4Q4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini