PERANCANGAN MOBILE APPLICATION UNTUK STARTUP ZYON MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

AJENG YUNITA

Informasi Dasar

22.04.2176
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Zyon adalah salah satu startup di bidang kesehatan mental yang hadir karena keresahan mengenai kesehatan mental yang tidak ditangani dengan tepat. Padahal, kesehatan mental menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Maka dari itu dilakukan perancangan aplikasi Zyon berdasarkan permasalahan yang ada dan memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini berfokus pada permasalahan kesehatan mental yaitu mempertemukan antara pengguna dan psikolog dalam satu platform.

Hasil penelitian ini berupa rancangan prototype aplikasi kesehatan mental dengan metode design thinking. Design thinking IDEO by Tim Brown dan Jocelyn Wyatt yang mendefinisikan bahwa terdapat tiga tahap pada design thinking yaitu empathy map, idea, dan confirmation. Pada tahap empathy map dilakukan dengan in-depth interview dan observation untuk mengartikulasikan kebutuhan dari pengguna. Pada tahap idea dilakukan diskusi bersama team untuk menghasilkan ide dan solusi. Pada tahap confirmation dilakukan interview expert untuk memastikan usulan ide dibutuhkan. Setelah melewati tiga tahap tersebut lalu dibuat formulasi konsep untuk rancangan aplikasi startup Zyon.

Hasil perancangan yang dihasilkan dalam bentuk mockup aplikasi. Aplikasi Zyon menyajikan konsultasi dan berbagai fitur lainnya untuk memudahkan pengguna dan psikolog dalam berinteraksi. Mockup aplikasi akan dilakukan validasi melalui responden dan psikolog untuk menghasilkan representatif terhadap hasil design. Mockup sebagai visualisasi konsep desain yang sudah dibuat sebagai gambaran nyata rancangan produk.

Pembuatan mockup sebagai rancangan produk bermanfaat sebagai gambaran aplikasi Zyon. Mockup Zyon memberikan visualisasi secara nyata yang menampilkan sebuah ide dalam wujud aslinya. Penggunaan mockup memudahkan untuk perbaikan sebelum launching aplikasi dilakukan sehingga menghemat waktu dan meminimalisir pengeluaran biaya startup Zyon.

Kata kunci: design thinking, usability testing, startup

Subjek

MOBILE APPLICATION
 

Katalog

PERANCANGAN MOBILE APPLICATION UNTUK STARTUP ZYON MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AJENG YUNITA
Perorangan
Budi Praptono, Tiara Verita Yastica
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • IEG222 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini