IMPLEMENTASI NLP PADA CHATBOT LAYANAN AKADEMIK DENGAN ALGORITMA BERT

NURUL AFIFA

Informasi Dasar

22.04.2251
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan Chatbot di era modern seperti saat ini tentunya tidak asing lagi dan sudah banyak dijumpai pada berbagai aplikasi. Umumnya chatbot hanya digunakan untuk sekedar saling berinteraksi antar sesama penggunanya dan kurangnya pengetahuan bahwa chatbot juga dapat digunakan sebagai media untuk mencari informasi yang ingin ditanyakan, salah satu contohnya pada bidang pelayanan akademik mahasiswa di sebuah universitas. Dimana terkadang untuk mendapatkan informasi mengenai perkuliahan mahasiswa agak kesulitan dan sering kali datang untuk menanyakan secara langsung kepada petugas namun dengan begitu mahasiswa biasanya hanya dapat menanyakan pertanyaan yang inti saja dikarenakan adanya batas waktu.

Oleh karena itu untuk membantu pekerjaan petugas layanan akademik dalam menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh mahasiswa kepada universitas tersebut. dikembangkan sebuah chatbot yang terhubung langsung dengan aplikasi Telegram untuk memudahkan mahasiswa dalam menjawab semua pertanyaan mengenai informasi yang ditanyakan. Di dalam pembuatan Chatbot ini sendiri ada beberapa metode yang diperlukan salah satunya adalah Natural Language Processing (NLP) yang berfokus pada pengolahan bahasa natural yang bertujuan untuk membantu mesin memahami Bahasa manusia secara lebih akurat. Selain menggunakan metode NLP penelitian ini juga menggunakan framework RASA untuk membangun Chatbot dan menggunakan agoritma BERTuntuk membantu komputer dalam memahami arti Bahasa yang ambigu dalam sebuah teks dengan menggunakan teks sekitarnya untuk membangun konteks.

Sistem chatbot layanan akademik ini menggunakan jenis pengujian Non-Response-Rate yaitu dengan hasil akurasi yang didapatkan sebesar 85% sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem ini berjalan sesuai dengan tujuannya.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

IMPLEMENTASI NLP PADA CHATBOT LAYANAN AKADEMIK DENGAN ALGORITMA BERT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURUL AFIFA
Perorangan
Randi Erfa Saputra, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI4F3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini