SISTEM PENJADWALAN PERANGKAT LISTRIK DENGAN METODE ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION BERBASIS WEBSITE

MUHAMMAD RAIHAN RAMADHAN

Informasi Dasar

22.04.2267
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Listrik dapat mempermudah aktivitas masyarakat, namun jika tidak digunakan dengan hati-hati dapat menimbulkan kerugian. Masyarakat harus lebih memperhatikan pasokan listrik dan kebutuhan listrik dengan cara menghemat penggunaan listrik. Di lingkungan masyarakat listrik merupakan salah satu konsumen terbesar dan juga permasalahan terbesar, penggunaan listrik ini menggambarkan aktivitas masyarakat di tempat tinggal.

Pada tugas akhir ini membahas tentang sistem penjadwalan perangkat listrik. Penjadwalan perangkat listrik dilakukan dengan cara melakukan optimasi perangkat listrik dalam satu ruangan. Dengan adanya optimasi dapat membuat waktu penggunaan perangkat listrik yang dipakai berkurang. Dengan adanya penjadwalan dapat membatasi waktu penggunaan perangkat listrik.

Dalam sistem penjadwalan perangkat listrik, tingkat efisiensi sebuah algoritma optimasi dalam ditentukan dengan menggunakan metode Algoritma Particle Swarm Optimization dan sebagai tempat penyimpanan data pengguna digunakan database. Nilai fitness terbaik terdapat pada iterasi ke-2 dengan nilai 88.545,663 dimana nilai ini sudah convergen, cara memperoleh nilai tersebut dengan cara menguji nilai fitness terbaik yang didapatkan dari nilai fitness sebelumnya. Pada saat melakukan pengujian fungsionalitas web (pengujian alpha) didapatkan nilai sebesar 100% yang dimana menunjukan sistem ini berjalan sesuai aturan yang sudah dirancang dengan baik.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
WEB PROGRAMMING,

Katalog

SISTEM PENJADWALAN PERANGKAT LISTRIK DENGAN METODE ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION BERBASIS WEBSITE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RAIHAN RAMADHAN
Perorangan
Casi Setianingsih, Burhanuddin Dirgantoro
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI3H3 - KECERDASAN BUATAN
  • TKI1A2 - PENGENALAN TEKNIK KOMPUTER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini