KOREKSI PERGERAKAN ROBOT LINIER PADA METERAN LISTRIK PINTAR MENGGUNAKAN ALGORITMA BACKPROPAGATION NEURAL NETWORK

ALAN REZKY DWIPUTRA NUR

Informasi Dasar

22.04.2342
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Listrik Pintar merupakan program Perusahaan Listrik Negara (PLN), pelanggan listrik dapat mengatur listriknya secara mandiri melalui berlangganan listrik menggunakan sistem pulsa. Akan tetapi tidak cukup pintar apabila penginputan token listrik tidak dapat dilakukan apabila sedang tidak di rumah. Penggunaan robot linier bisa dimaksimalkan untuk kegiatan pekerjaan, seperti menekan tombol sehigga untuk memasukkan token listrik dapat dilakukan secara autonomous. Robot linier yang bergerak secara vertikal dan horizontal dapat melakukan penekanan tombol pada meter listrik prabayar. Namun robot linier seringkali salah dalam menekan tombol dikarenakan stepper motor robot linier yang tidak berputar dengan baik.

Berdasarkan dari masalah tersebut, dirancang sebuah sistem agar robot linier dapat memperbaiki kesalahan ketika robot akan menekan tombol. sistem dirancang dengan menggunakan pendekatan deep learning dengan menggunakan pendekatan Backpropagation Neural Network. Pendekatan tersebut digunakan untuk memprediksi pergerakan stepper motor pada robot linier. Robot akan terus bergerak hingga tombol berhasil ditekan. Dalam tugas akhir ini tombol 1 dari pengembangan model Backpropagation Neural Network menjadi fokus utama penelitian.

Pengujian Model Backpropagation Neural Network dilakukan menggunakan hyperparameter. Pengujian hyperparameter bertujuan untuk mendapatkan model terbaik dalam melakukan prediksi. Hasil pengujian dibagi menjadi dua yaitu pengujian hyperparameter pada model vertikal dan model horizontal pergerakan robot. Model vertikal mendapat loss Mean Square Error (MSE) sebesar 23,4351 dan pada model horizontal sebesar 60,9091. kedua model tersebut diuji pada robot linier dengan menekan tombol 1 sebanyak 20 kali. Tingkat keberhasilan robot linier dalam menekan tombol sekitar 45% dengan kegagalan sebesar 55%.

Subjek

Machine Learning
NEURAL NETWORKS,

Katalog

KOREKSI PERGERAKAN ROBOT LINIER PADA METERAN LISTRIK PINTAR MENGGUNAKAN ALGORITMA BACKPROPAGATION NEURAL NETWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALAN REZKY DWIPUTRA NUR
Perorangan
BUDHI IRAWAN, FAISAL CANDRASYAH HASIBUAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini