Sistem Collision Avoidance Robot Mobil Pada Waypoint Control Menggunakan Metode Logika Fuzzy

HADI AL BUKHORI

Informasi Dasar

22.04.2407
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mobil merupakan alat transportasi yang paling sering digunakan. Sekarang ini, teknologi mobil pintar mulai diterapkan oleh para produsen mobil. Bukan tanpa alasan, teknologi ini diciptakan karena tingginya tingkat kecelakaan pada mobil karena faktor kecepatan yang terlampau tinggi. Untuk memperkecil tingkat kecelakaan maka dirancanglah robot mobil yang memiliki fungsi sistem collision avoidance. Sistem collision avoidance dengan metode logika fuzzy ini diterapkan pada robot mobil menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 yang berfungsi untuk mendeteksi adanya penghalang pada lintasan tersebut.

Pada tugas akhir ini telah dirancang sistem collision avoidance  menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 sebagai pendeteksian ketika adanya penghalang di lintasan yang akan dikirim ke mikrokontroller untuk diolah datanya dengan menggunakan metode logika fuzzy dan Setelah  mendapatkan data yang telah diolah mikrokontroller, lalu  mendeklarasikan nilai pwm untuk mengontrol kecepatan pada Motor DC.

Hasil dari perancangan sistem collision avoidance diatas, maka output dari sistem tersebut berupa robot mobil yang dapat menghindari penghalang pada lintasan berdasarkan logika fuzzy yang telah ditentukan. Sistem ini dapat berjalan dengan baik dengan persentase tingkat keberhasilan robot mobil dalam menghindari penghalang yang terdapat di lintasan yaitu sebesar 84%

Subjek

Fuzzy logic
 

Katalog

Sistem Collision Avoidance Robot Mobil Pada Waypoint Control Menggunakan Metode Logika Fuzzy
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HADI AL BUKHORI
Perorangan
Agung Surya Wibowo, Irham Mulkan Rodiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ELG2C3 - DASAR SISTEM KONTROL
  • TEI3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • TEI4B3 - ROBOTIKA
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini