RANCANG BANGUN DAN MONITORING SISTEM POWER SUPPLY DAN SISTEM KEAMANAN PADA WEATHER STATION

LEONARDO SIMATUPANG

Informasi Dasar

22.04.2428
004.695
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di dalam dunia pertanian iklim dan cuaca adalah parameter yang sangat berpengaruh dalam menentukan kualitas dan kuantitas hasil panen. Dalam hal ini, data mengenai prediksi cuaca dan penyakit yang akan datang pada tumbuhan akanlah sangat berpengaruh. Maka dari itu dalam memudahkan prediksi cuaca dan penyakit tersebut maka digunakanlah teknologi sistem Monitoring Weather station.

Perancangan Weather Station ini juga dilengkapi dengan sistem power supply agar dapat dipasang pada area yang tidak dapat dijangkau oleh sumber listrik. Oleh karena itu, maka dirancang juga sebuah sistem keamanan dan pengiriman data sensor yang dapat memantau Weather Station. Sistem keamanan ini juga dirancang agar menghindari dan memberi peringatan jika terjadi pencurian pada komponen yang ada pada sistem Weather Station.

Pada perancangan sistem monitoring power supply dan sistem keamanan berhasil mengimplementasikan pengukuran sensor tegangan pada panel surya dengan nilai persentase errorrata-rata adalah 0,53%, pengukuran sensor INA 219 untuk pengukuran tegangan beban dengan nilai persentase error rata-rata sebesar 0,64% dan untuk pengukuran arus beban memiliki nilai persentase error rata-rata sebesar 0,86% dan sistem mampu melakukan pengiriman data pemantauan ke platform Thingspeak menggunakan modul komunikasi GSM SIM900A. Pada sistem keamanan, sensor magnetic reed diimplementasikan pada panel surya dan kotak sistem Weather Station akan bekerja jika ada pergerakan jarak antarmagnet pada sensor sebesar 1cm dan akan mengirimkan notifikasi SMS kemanan kepada pengguna dengan menggunakan modul GSM SIM900A.

Subjek

INTERNET OF THINGS
INTERNET,

Katalog

RANCANG BANGUN DAN MONITORING SISTEM POWER SUPPLY DAN SISTEM KEAMANAN PADA WEATHER STATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LEONARDO SIMATUPANG
Perorangan
ANGGA RUSDINAR, DENNY DARLIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TEI3I3 - PEMROGRAMAN PERANGKAT IOT
  • ERH4A3 - SISTEM ENERGI LISTRIK TERBARUKAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini