IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL DAN PEMANTAUAN DAYA LISTRIK BERBASIS IOT DI DESA TAMBOLOSU, KABUPATEN KONAWE, PROVINSI SULAWESI TENGGARA

ALDY PUTRA PRASETYO

Informasi Dasar

22.04.2439
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

  Listrik merupakan sebuah sumber energi yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Desa Tambolusu, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki keterbatasan dalam menghasilkan energi listrik. PLTA tersebut diletakkan pada daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh koneksi seluler dan WiFi.

  Dari hasil Penelitian ini dikembangkan sistem pemantauan daya yang menggunakan konsep IoT berbasis LoRa PLTA tersebut agar dapat dikontrol dan dimonitor dari jarak jauh. Sistem kontrol dan pemantauan tersebut menggunakan LoRa untuk mengirim dan menerima data dari panel sistem menuju raspberry server ataupun sebaliknya. Sistem tersebut juga dapat membatasi pemakaian listrik yang sedang digunakan.

  Dari hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh sistem kontrol dan pemantauan daya listrik tersebut di dapat rata-rata error pembacaan sensor tegangan sebesar 0,53 % dan rata-rata error pembacaan sensor arus sebesar 5,64%. Sistem tersebut dapat dikontrol dan dipantau dari jarak jauh menggunakan LoRa dengan jarak maksimal 300 Meter saat pengujian di Jl. Batununggal Indah VII. Sistem tersebut memiliki baterai yang berfungsi untuk menghidupkan mikrokontroler dan dapat bertahan hingga 821 menit. Pada sistem tersebut apabila mendeteksi pemakaian listrik berlebih maka sistem akan memutus aliran listrik yang sedang terhubung.

Kata Kunci: LoRa, Mikrokontroler, Panel Listrik, Sistem Kontrol, Sistem Pemantauan

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL DAN PEMANTAUAN DAYA LISTRIK BERBASIS IOT DI DESA TAMBOLOSU, KABUPATEN KONAWE, PROVINSI SULAWESI TENGGARA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDY PUTRA PRASETYO
Perorangan
BUDHI IRAWAN, FAISAL CANDRASYAH HASIBUAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI4E3 - INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini