PENERAPAN PERILAKU NON-PLAYER CHARACTER HEWAN TERNAK PADA GAME “HAPPY FARM” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

MOHAMAD REDZA TRI PUTRA SUTISNA

Informasi Dasar

22.04.2491
006
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game telah menjadi bentuk hiburan yang paling banyak disukai oleh masyarakat berbagai kalangan, dari usia muda hingga tua. Faktor inilah yang membuat banyak developer game berlomba-lomba untuk berinovasi dalam berbagai produk game. Dalam game terdapat Non Player Character (NPC) yang merupakan elemen utama yang membuat game ini seru. Karakter NPC sendiri dapat meniru perilaku manusia dan hewan dengan menambahkan metode kecerdasan buatan, salah satunya metode finite state machine (FSM).

            Oleh karena itu dalam penelitian ini dirancang sebuah gameHappy Farm” dengan tujuan membuat game bertemakan peternakan. Game ini menggunakan metode FSM untuk pengembangan perilaku pada NPC hewan ternak, hewan predator dan hewan penjaga. NPC hewan ternak dapat memakan rumput jika hunger bar dibawah 90% dan akan mencari rumput terdekat, lalu jika hunger bar =100% maka akan mengeluarkan item produksi.

            Hasil yang didapatkan pada perancangan game simulasi bertema peternakan “Happy Farm menggunakan metode Finite State Machine adalah, non-player character (NPC) hewan ternak dapat bergerak sesuai perilaku yang diterapkan seperti jalan-jalan, lapar, makan, mengeluarkan produk, dan mati. Penerapan finite state machine pada hewan ternak berfungsi dengan baik dimana hewan ternak akan berubah state jika state sebelumnya sudah terpenuhi, seperti hunger state akan berpindah ke eat state jika NPC sudah menemukan rumput dan memakannya. Berdasarkan pengujian user didapatkan 11 pemain rata-rata menghabiskan 1983.09 detik untuk menyelesaikan semua misi pada game, dan pada tabel kuisioner user, sebanyak 26 responden menilai 42% responden menganggap game “Happy Farm” sangat mudah dipahami, dan 42.3% responden menilai NPC pada game “happy Farm” berjalan dengan baik.

Kata Kunci : Game, Finite State Machine, Non Player Character, Peternakan.

Subjek

COMPUTER GAMES
GAME PROGRAMMING,

Katalog

PENERAPAN PERILAKU NON-PLAYER CHARACTER HEWAN TERNAK PADA GAME “HAPPY FARM” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMAD REDZA TRI PUTRA SUTISNA
Perorangan
PURBA DARU KUSUMA, ASHRI DINIMAHARAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini