DETEKSI THREAT DAN VULNERABILITY PADA UNGGAHAN TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

PAULIN AL IMADY

Informasi Dasar

22.04.2493
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Twitter merupakan platform media sosial yang menjadi tempat bagi banyak orang untuk dapat mengunggah berbagai hal, tidak terkecuali unggahan yang mengandung unsur ancaman keamanan suatu sistem. Tentunya ini merupakan hal yang berbahaya jika seseorang mengunggah celah keamanan suatu sistem. Ancaman sistem yang dipublikasi dapat disalah gunakan oleh orang lain sehingga merugikan pemilik sistem.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka dibuat sistem untuk mendeteksi unggahan yang mengandung unsur ancaman (threat) dan kerentanan (vulnerability) sistem pada media sosial Twitter. Sistem ini menerapkan algoritma text processing yang menggunakan metode Naïve Bayes dan TF-IDF (Term Frequency – Inverse Document Frequency). Metode ini dipilih karena dianggap dapat menghasilkan akurasi yang baik meskipun dengan data training yang sedikit.

Pada penelitian Tugas Akhir ini, hasil akhir yang didapatkan adalah sistem dapat membedakan tweet yang mengandung unsur threat atau vulnerability, dan yang tidak. Dengan rasio pembagian dataset ke dalam data training dan data testing adalah 70%:30% dan 80%:20%, keduanya mendapatkan nilai akurasi sebesar 88%, nilai presisi sebesar 88%, recall sebesar 88%, dan F1 score sebesar 88%.

Kata Kunci: text mining, Naïve Bayes, TF-IDF, threat, vulnerabilities, klasifikasi teks.

Subjek

Machine Learning
Algorithm design-structured programming,

Katalog

DETEKSI THREAT DAN VULNERABILITY PADA UNGGAHAN TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PAULIN AL IMADY
Perorangan
Casi Setianingsih, M. Faris Ruriawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini