PERANCANGAN STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL TENTANG PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA GADGET YANG BERLEBIHAN PADA ANAK-ANAK

ANGGITA CHOIRUNNISA

Informasi Dasar

117 kali
22.04.2496
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada perancangan ini penulis didasari oleh fenomena mengenai anak yang bermain gadget dimana ketika orang tua sibuk bekerja mereka tidak bisa mengawasi kegiatan buah hatinya dalam bermain gadget. Karena hal tersebut, buah hati menjadi tidak bisa mengontrol waktu dalam memainkan gadget. Oleh karena itu penulis merancang sebuah media informasi dalam kampanye sosial untuk mengajak orang tua dalam mengawasi buah hatinya ketika bermain gadget agar lebih bijak dalam menggunakan waktunya. Adapun permasalahan dalam perancangan ini berupa, (1) Minimnya pengetahuan orang tua tentang bahayanya bermain gadget yang berlebihan sehingga berakibat pada kondisi psikologis dan kemampuan anak dalam bersosialisasi, (2) Orang tua yang aktif bekerja yang mengakibatkan tidak mampu memonitor kegiatan buah hatinya dalam bermain gadget karena tidak sanggup memantau waktu penggunaan gadget anak maksimal 30 menit sehari. Selain itu perancangan ini memiliki tujuan berupa, (1) Untuk memberi informasi pada orang tua mengenai efek dari penggunaan gadget yang berlebihan pada anak, (2) Untuk menambah edukasi pada orang tua mengenai efek penggunaan gadget yang berlebihan agar lebih bijak dalam menggunakan waktunya ketika bermain gadget. Ada pula metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini, diantaranya observasi dengan mengamati suatu kejadian, studi Pustaka dimana penulis mencari informasi yang bersumber dari buku, internet dan juga jurnal dan yang terakhir adalah wawancara dimana penulis mencari informasi dengan cara berkomunikasi dengan narasumber. Penulis juga memakai metode analisis matriks. Hasil pada perancangan media informasi ini berupa poster digital yang memiliki konsep pesan mengenai bahaya penggunaan gadget berlebih pada anak dimana berisi tentang akibat dari penggunaan game online pada gadget yang berlebih. Dengan meggunakan style ilustrasi semi realis. Perancangan ini juga memiliki manfaat guna memberikan informasi sebagai cara untuk mengawasi buah hati dari penggunaan gadget yang berlebih agar lebih bijak dalam menggunakan waktunya. 7 Kata kunci: Kampanye Sosial, Media informasi, Gadget, Rehat Gadget, Orang Tua

Subjek

GRAPHIC DESIGN
VISUAL AND DESIGN, GAME,

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL TENTANG PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA GADGET YANG BERLEBIHAN PADA ANAK-ANAK
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGITA CHOIRUNNISA
Perorangan
RIKY AZHARYANDI SISWANTO, ASEP KADARISMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI (SMSTR 7/8)

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini