Pengaruh Profitabilitas, Umur Listing, Dan Reputasi Auditor Terhadap Internet Financial Reporting (Studi Kasus Terhadap Sub Sektor Makanan Dan Minuman Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)

JHONATAN NAEK SIRAIT

Informasi Dasar

22.04.2565
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemajuan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi ini membuat masyarakat menjadikan internet sebagai suatu kebutuhan yang penting dalam menunjang segala aktifitas dan kegiatan masyarakat. Selain digunakan oleh masyarakat umum, internet juga menjadi sebuah sarana yang digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan, salah satunya adalah menggunakan internet untuk melakukan penyebaran informasi baik informasi mengenai perusahaan maupun informasi keuangan perusahaan guna memudahkan pihak internal maupun eksternal perusahaan untuk mencari informasi.. Internet Financial Reporting (IFR) merupakan suatu cara yang dilakukan perusahaan untuk mengungkapkan dan menyebarluaskan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan ke dalam website perusahaan. Informasi yang disebarluaskan perusahaan tersebut dapat menjadi sebuah sinyal positif bagi perusahaan untuk menarik investor guna melakukan investasi pada perusahaan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh yang diberikan oleh profitabilitas, umur Listing, dan reputasi auditor terhadap internet financial reporting (IFR) baik secara simultan maupun parsial. Adapun objek yang dijadikan sampel di dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021.

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan menghasilkan 84 sampel data yang digunakan. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 26.

Penelitian ini memberikan hasil bahwa variabel profitabilitas, umur listing, dan reputasi auditor memberikan pengaruh secara simultan terhadap internet financial reporting. Hasil pengujian secara parsial memberikan hasil bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif secara signifikan terhadap internet financial reporting, sedangkan variabel umur listing tidak memberikan pengaruh dan variabel reputasi auditor memberikan pengaruh secara negatif signifikan terhadap internet financial reporting.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk menambahkan variabel independen lain yang mungkin memberikan pengaruh terhadap IFR serta dapat melakukan penelitian terhadap objek yang berbeda. Bagi perusahaan disarankan untuk meningkatkan pengungkapan informasi keuangan pada website perusahaan agar investor lebih mudah mendapatkan informasi serta menggunakan jasa KAP big four untuk meningkatkan kepercayaan investor. Bagi investor yang akan melakukan pengambilan keputusan untuk berinvestasi, disarankan untuk memperhatikan tingkat profitabilitas dari suatu perusahaan.

 

 

Kata Kunci: Internet Financial Reporting, Profitabilitas, Reputasi Auditor dan Umur Listing

Subjek

ACCOUNTING
ACCOUNTING AND FINANCE,

Katalog

Pengaruh Profitabilitas, Umur Listing, Dan Reputasi Auditor Terhadap Internet Financial Reporting (Studi Kasus Terhadap Sub Sektor Makanan Dan Minuman Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JHONATAN NAEK SIRAIT
Perorangan
TRI UTAMI LESTARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini