Pengaruh Market Orientation Dengan Inovasi Sebagai Intervening Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Pada: Outlet Kopi Kenangan Di Kota Bandung Dan Bekasi)

ALYA HASNA DILA

Informasi Dasar

22.04.2573
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Minum kopi kini menjadi gaya hidup bagi sebagian orang Indonesia, terbukti, Menurut data International Coffee Organization mencatat bahwa terjadi pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di tanah air. Hal ini kemudian mempengaruhi pertumbuhan bisnis pada usaha kedai kopi. Pandemic merubah konsumen dalam melakukan pembelian. Adanya perubahan tersebut membuat Kopi Kenangan melakukan ekspansi. Selain itu, Kopi Kenangan juga menciptakan aplikasi untuk mempermudah proses kinerja bisnis mereka. Adanya inovasi yang diciptakan dan ekspansi gerai yang dilakukan membuat terjadinya persaing antar bisnis. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh customer orientation, competitor orientation, innovation terhadap business performance yang dilakukan Kopi Kenangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang diperoleh berasal data data primer dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada setiap Outlet Kopi Kenangan yang barada di Kota Bandung dan Bekasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan bantuan software SmartPLS versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variable customer orientation, competitor orientation, innovation terdahap business performance dan terdapat hubungan yang tidak signifikan antara variabel competitor orientatin terhadap business performance melalui innovation.Hasil penelitian ini disarankan dapat dijadikan evaluasi bagi Kopi Kenangan dalam memahami pelanggan, menganalisis pesaing, melakukan inovasi dan kinerja bisnis. Selain itu, untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas jumlah responden, mengkaji lebih lanjut terkait hipotesis ditolak dan menyempurnakan skala pengukuran.

Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Inovasi, Kinerja Bisnis

Subjek

KEWIRAUSAHAAN
ENTREPRENEUR,

Katalog

Pengaruh Market Orientation Dengan Inovasi Sebagai Intervening Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Pada: Outlet Kopi Kenangan Di Kota Bandung Dan Bekasi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALYA HASNA DILA
Perorangan
Sunu Puguh Hayu Triono, Heppy Millanyani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & IInformatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM131014 - BUSINESS MANAGEMENT
  • KU3062 - Inovasi dan Kewirausahaan

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini