Penelitian ini memiliki fokus penelitian untuk dapat mengetahui pengaruh Strategi Komunikasi CSR PT. Pertamina FT Bandung Group. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mebuktikan adanyaPengaruh Strategi Komunikasi CSR dan Stakeholder Management terhadap Corporate Branding PT. Pertamina FT Bandung Group serta menganalisis bagaimana Corporate Branding dipengaruhi olehStrategi Komunikasi CSR dan Stakeholder Management. Penelitian ini berfokus pada bagaimana cara pendekatan antara Internal perusahaan dengan penerima manfaat Program CSR yang berlangsungguna membangun Corporate Branding PT. Pertamina FT Bandung Group. Untuk menguatkan sebuah penelitian menggunakan teori dari Morsing and Schultz (2006) pada variabel Strategi Komunikasi, Crane & Glozer (2016) untuk variabel Stakeholer Management, Abratt & kleyn (2012) untuk variabel Corporate Branding. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pengambilan data sampelmenggunakan nonprobability sampling dengan jenis kuota sampling dengan 100 responden yangmerupakan Stakeholder PT. Pertamina FT Bandung Group. Teknik analisis data yang digunakanadalah Teknik analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yangdi peroleh, terdapat pengaruh signifikansi pada variabel Strategi Komunikasi CSR yang di buktikan dengan thitung > ttabel (12.964 > 1,983) dan variabel Stakeholder Management sebesar 5.412 > 1,983. Dari hasil ini dapat diperoleh bahwa Strategi Komunikasi CSR dan Stakeholder Management dapat mempengaruhi Corporate Branding PT. Pertamina FT Bandung Group.
Kata Kunci: Corporate Branding, Stakeholder Management, Strategi Komunikasi CSR
This research has a research focus to be able to determine the effect of CSR Communication StrategyPT. Pertamina FT Bandung Group. The purpose of this research is to prove the influence of CSR Communication Strategy and Stakeholder Management on Corporate Branding PT. Pertamina FT Bandung Group and analyze how Corporate Branding is influenced by CSR Communication Strategy and Stakeholder Management. This research focuses on how to approach the internal company and the beneficiaries of the ongoing CSR program in order to build the Corporate Branding PT. Pertamina FTBandung Group. To strengthen a study using the theory of Morsing and Schultz (2006) on the Communication Strategy variable, Crane & Glozer (2016) for the Stakeholer Management variable, Abratt & Kleyn (2012) for the Corporate Branding variable. This study uses a quantitative method withsampling data using probability sampling with quota sampling type with 100 respondents who arestakeholders of PT. Pertamina FT Bandung Group. The data analysis technique used is descriptiveanalysis technique and multiple linear regression. Based on the results of hypothesis testing obtained,there is a significant effect on the CSR Communication Strategy variable which is proven by tcount > ttable(12,964 > 1,983) and the Stakeholder Management of 5,412
> 1,983. From these results it can be seen that the CSR Communication Strategy and StakeholderManagement can affect the Corporate Branding PT. Pertamina FT Bandung Group.
Keyword : Corporate Branding, Stakeholder Management, Strategy Communication