ANTENA MONOPOLE PERSEGI PANJANG ULTRA WIDEBAND (UWB) SEBAGAI SENSOR TINGKAT BENDING

RAYHANI SITI NUR AZIZAH

Informasi Dasar

22.04.2662
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Antena menjadi salah satu implementasi telekomunikasi sebagai alat pengirim sinyal yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi data. Salah satunya bending pada antena adalah suatu kejadian yang disebabkan oleh adanya faktor penyimpangan yang akan berpengaruh pada karakteristik parameter yang akan diukur. Antena dapat dimanfaatkan sebagai pada bending yang memiliki fleksibilitas mekanik dan dapat melekat pada struktur benda yang menunjukkan hasil pemantauan data untuk melihat karakteristik yang dihasilkan menggunakan antena bending.

Tugas Akhir ini melakukan perancangan bending antena monopole sebagai sensor tingkat bending. Desain antena menggunakan patch persegi panjang (rectagular) dengan frekuensi kerja pada 4,08 GHz Ultra Wideband (UWB). Adapun substrat yang digunakan yaitu condura delinova 200. Perancangan simulasi dilakukan menggunakan software 3D dan analisis pada desain antena bending dengan patch persegi panjang (rectagular) pada tingkat bending sensor.

Percobaan analisis pada desain antena bending dengan patch segi empat (rectagular) dapat digunakan sebagai sensor tingkat bending, hasil yang didapat untuk simulasi desain frekuensi kerja 4,08 GHz yaitu return loss -46,967003 dB dengan fractional bandwidth  61,98%. Percobaan hasil pengukuran untuk frekuensi kerja bergeser menjadi 3,135 GHz didapat nilai return loss sebesar -19,2654 dB dan fractional bandwidth 97%.

 

Kata Kunci: bending, ultra wideband (UWB),dan fractional bandwidth.

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

ANTENA MONOPOLE PERSEGI PANJANG ULTRA WIDEBAND (UWB) SEBAGAI SENSOR TINGKAT BENDING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAYHANI SITI NUR AZIZAH
Perorangan
Aloysius Adya Pramudita, Harfan Hian Ryanu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI3K3 - ANTENA DAN PROPAGASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini