ANTENA MONOPOLE ELIPS ULTRA WIDEBAND (UWB) SEBAGAI SENSOR TINGKAT BENDING

UTAMI ANANDA RIDWAN

Informasi Dasar

22.04.2670
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

            Antena dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan mengedepankan ukuran yang lebih kecil sesuai dengan kemajuan perangkat komunikasi. Ketika antena diletakkan di suatu material antena akan mengalami bending. Bending merupakan penekukan atau pembengkokan pada suatu alat atau material. Dengan adanya penekukan pada antena yang diletakkan pada permukaan struktur maka muncul sifat conformal dan tentunya perubahan ini akan mengakibatkan adanya pengaruh penekukan pada karakteristik antena seperti return loss, bandwidth, dan VSWR.

Pada tugas akhir ini dilakukan analisis pengaruh penekukan menggunakan antena mikrostrip printed monopole ultra wideband dengan patch elips. Penelitian ini dilakukan dengan proses analisis menggunakan software dan direalisasikan dengan substrat berbahan textile cordura dengan permitivitas relative , ketebalan dielektrik  sedangkan patch, feedline, dan groundplane menggunakan bahan copper tape dengan ketebalan dielektrik 0.1 mm, dan triplek sebagai objek observasi bending antena.

Dari hasil simulasi dan pengukuran lapangan telah didapatkan dan diamati bahwa perubahan-perubahan yang terjadi ketika antena mengalami penekukan adalah adanya perubahan karakteristik antena seperti nilai return loss, bandwidth, dan VSWR. Hasil pengukuran semakin kecil radius tekukan yang terjadi pada antena maka nilai return loss akan semakin kecil, fractional bandwidth dan VSWR akan semakin besar. Sedangkan semakin besar radius tekukan yang terjadi pada antena maka nilai return loss akan semakin besar, fractional bandwidth dan VSWR akan semakin kecil.

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

ANTENA MONOPOLE ELIPS ULTRA WIDEBAND (UWB) SEBAGAI SENSOR TINGKAT BENDING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UTAMI ANANDA RIDWAN
Perorangan
Aloysius Adya Pramudita, Harfan Hian Ryanu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTG3D3 - ANTENA DAN PROPAGASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini