USULAN PERBAIKAN LAYANAN LTE DI JALAN DAAN MOGOT DARI KOTA TANGERANG SAMPAI KOTA JAKARTA BARAT PROPOSED IMPROVEMENT OF LTE SERVICES ON DAAN MOGOT ROAD FROM TANGERANG CITY TO WEST JAKARTA CITY

MUHAMMAD FADLY ALIANSYAH

Informasi Dasar

22.04.2783
384.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jalan Daan Mogot adalah Jalan Utama penghubung kota Jakarta dan Tangerang. Sebagai Jalan Utama Non-Tol dan area yang sangat padat setiap hari, Jalan ini seharusnya memiliki nilai performansi jaringan seluler yang baik guna, terutama LTE yang saat ini dominan digunakan masyarakat. Setelah dilakukan LTE drive test menggunakan Tems Pocket yang dilakukan pada 15 Februari 2022 menggunakan layanan video call melalui aplikasi LINE dan 3 Mei 2022 menggunakan Youtube script pada aplikasi TEMS Pocket, didapatkan nilai RSRP (Reference Signal Received Power), SINR (Signal to Interference Noise Ratio), dan RSRQ (Reference Signal Received Quality) yang kurang baik. Terdapat juga beberapa kasus seperti LTE connection drop, handover fail, dan radio link failure pada kedua drive test.

Telah dilakukan optimalisasi dengan usulan empat metode perbaikan, seperti physical tunning, power configuration, penambahan site coverage terdekat, dan penambahan site baru menggunakan Atoll guna memperbaiki beberapa area tersebut dengan target rata – rata RSRP > -100 dBm, SINR > 3 dB, RSRQ > -15 dBm, dan throughput > 7.200 kbps.

Dari empat metode usulan perbaikan, tiap bad spot mendapatkan hasil perbaikan yang optimal. Dengan rata – rata dari empat parameter perbaikan mendapatkan nilai RSRP -97,7 dBm, SINR 10,39 dB, RSRQ -13,9 dB, dan throughput 52.923,33 kbps. Metode physical tunning menjadi metode utama dalam usulan perbaikan ini dengan merubah azimuth, mechanical tilting, dan ketinggian antena dengan dampak naiknya nilai SINR, dan RSRQ secara signifikan dan sedikit menaikan nilai RSRP. Dengan penambahan metode power configuration setelah dilakukannya physical tunning, dapat meningkatkan nilai empat parameter secara signifikan.

 

Kata Kunci : Jalan Daan Mogot, LTE Drive Test, RSRP, SINR, RSRQ, Throughput, Optimisasi Jaringan LTE.

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN LAYANAN LTE DI JALAN DAAN MOGOT DARI KOTA TANGERANG SAMPAI KOTA JAKARTA BARAT PROPOSED IMPROVEMENT OF LTE SERVICES ON DAAN MOGOT ROAD FROM TANGERANG CITY TO WEST JAKARTA CITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FADLY ALIANSYAH
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Dhoni Putra Setiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini