PERANCANGAN FASILITAS DUDUK DI RUANG PUBLIK UNTUK MENUNJANG AKTIFITAS DIMASA NEW NORMAL (STUDI KASUS WORK COFFEE INDONESIA)

ACHMAD REZA

Informasi Dasar

22.04.2824
658.575 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pandemi COVID-19 mewabah hampir di seluruh dunia, pandemi ini memengaruhi banyak aspek kehidupan, baik dalam pekerjaan, Kesehatan, maupun aspek sosial di masyarakat. Selama masa pandemi masyarakat dihimbau untuk melakukan pembatasan dalam aktifitas sosial dengan cara menjaga jarak selama beraktifitas diruang publik sampai adanya penurunan kasus di Indonesia. Per tanggal 24 oktober 2021 di Indonesia terjadi penurunan kasus penularan COVID-19 tercatat hanya ada 623 kasus di Indonesia. Dengan menurunnya angka penularan tersebut maka berdampak pada pelonggaran aktifitas masyarakat di luar ruangan seperti halnya di ruang publik, masyarakat akan memasuki fase New Normal dimana adanya penyesuaian dan adaptasi pada kebiasaan baru pasca pandemi COVID-19, masyarakat diperbolehkan beraktifitas di ruang publik seperti melakukan kegiatan di kedai kopi dengan tetap menjaga protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Kegiatan di ruang publik selama New Normal harus didukung dengan fasilitas duduk yang dapat mendukung adaptasi masyarakat berkegiatan di luar ruangan. Maka dibutuhkan perancangan fasilitas duduk diruang publik untuk menunjang aktifitas masyarakat di masa New Normal. Perancangan fasilitas duduk ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan kegiatan observasi dan wawancara langsung untuk mendapatkan data yang valid, dengan mengadaptasi kebiasaan baru masyarakat yaitu menjaga jarak, yang akan diaplikasikan pada fasilitas duduk yang dirancang. Produk ini akan ditempatkan di Work Coffee Indonesia yang berada di Bandung dan ditempatkan di area outdoor, Work Coffee dipilih karena terdapat area outdoor yang luas dan selalu ramai pengunjung. Perancangan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan adaptasi masyarakat ketika berada di kedai kopi dan ruang publik di masa New Normal.

Kata kunci : Pandemi COVID-19, New Normal, Fasilitas Duduk.

Subjek

Product design- industrial
FACILITIES,

Katalog

PERANCANGAN FASILITAS DUDUK DI RUANG PUBLIK UNTUK MENUNJANG AKTIFITAS DIMASA NEW NORMAL (STUDI KASUS WORK COFFEE INDONESIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ACHMAD REZA
Perorangan
ANDRIANTO, SHEILA ANDITA PUTRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • PDH4E3 - PILIHAN 3 : PERALATAN RUMAH TANGGA
  • PDH2E3 - STUDI MATERIAL
  • PDG2H5 - STUDIO DESAIN PRODUK II (MEKANIKA SEDERHANA)

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini