ANALISIS CUSTOMER ENGAGEMENT PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TELKOMJABAR 2022

FRANS IDOYUTAN SITORUS

Informasi Dasar

22.06.166
658.81
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Selama pandemik memberikan peningkatan pada pengguna internet dan secara langsung mempercepat transformasi digitalisasi. Hal ini juga mempengaruhi penggunaan sosial media yang tidak lagi hanya sekedar berbagi foto, video maupun informasi. Namun, kini telah menjadi wadah untuk berbisnis. Pengguna sosial media instagram di Indonesia sudah mencapai 99,15 Juta pada tahun 2021 (suara.com). Hal ini yang dimanfaatkan Telkomjabar sebagai media sosial instagram milik PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Jawa Barat dalam menyebarkan informasi IndiHome lewat postingan soft selling maupun hard sellingnya

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis customer engagement pada instagram telkomjabar melalui lima dimensi customer engagement, yaitu Enthusiasm, Attention, Absorption, interaction, Identification. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada pengikut instagram telkomjabar serta admin instagram telkomjabar.

Hasil dari penelitian ini yaitu engagement rate awalnya berada di angka 1,88%. Setelah dilakukannya penelitian mengalami kenaikan menjadi 2.18%. Dengan begitu, engagement rate mengalami kenaikan sebesar 0,3%. Hal itu didukung dengan kenaikan Likes sebesar 80,27%, Comment sebesar 115%, Reels sebesar 24,8% dan Video mengalami penurunan sebesar -8,7%. Serta hubungan customer engagement instagram telkomjabar cukup baik dengan berada pada angka 2.18% dari 19K pengikut.

Kata Kunci: customer engagement, engagement rate, kualitatif

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
MARKETING,

Katalog

ANALISIS CUSTOMER ENGAGEMENT PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TELKOMJABAR 2022
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRANS IDOYUTAN SITORUS
Perorangan
Rennyta Yusiana,
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VPI2J3 - KOMUNIKASI BISNIS
  • AM622384 - LAPORAN TUGAS AKHIR
  • VPI2I3 - PEMASARAN DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini