Sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak diminati masyarakat di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Sepak bola tidak hanya menjadi olahraga namun juga menjadi sebuah gaya hidup dan melekat pada masyarakat. Pekalongan, kota yang terletak di pesisir utara pulau Jawa terkenal dengan Batik yang telah menjadi warisan dunia dari negara Indonesia dan menjadi ciri khas dari budaya Indonesia. Motif Jlamprang menjadi motif batik yang khas dari Pekalongan dan dapat menjadi sebagai identitas dan jati diri tim Persip Pekalongan. Merchandise merupakan hal yang sangat penting bagi suporter sepak bola karena sebagai jati diri dan identitas pendukung suatu tim sepak bola. Waist bag merupakan salah satu produk jenis tas yang kegunaannya sangat tepat untuk dijadikan Merchandise suporter, dikarenakan kegiatan suporter yang memiliki mobilitas tinggi saat akan mendukung dan dalam mendukung tim. Dengan pembuatan produk waist bag ini menjadi solusi untuk suporter dan menjadikan nilai tambah serta menjadi suatu kebanggaan oleh suporter untuk mendukung tim. Pada perancangan ini peneliti melakukan perancangan produk waist bag dengan bahan motif batik Jlamprang untuk merchandise suporter Persip Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Mix Method Research dengan metode pendekatan perancangan SCAMPER. Hasil penelitian ini berupa produk waist bag untuk merchandise suporter Persip Pekalongan.
Kata Kunci : Waist Bag, Merchandise, Batik Jlamprang, Persip Pekalongan