Bus sudah lama menjadi salah satu alat transportasi yang umum digunakan di Indonesia dan sangat popular digunakan. Bus merupakan kendaraan yang pembuatan dari bodi kendaraannya dibuat oleh Karoseri, salah satu Karoseri yang handal dalam pembuatan bodi untuk bus ialah Laksana Karoseri. Banyak mitra Perusahaan Otobus (PO) yang menjalin kerjasama untuk pembuatan bodi, dan reparasi untuk bodi busnya di Laksana Karoseri. Laksana Karoseri juga sudah lama menjalin kerjasama dengan mitra pembuat chassis yang ada diIndonesia seperti Mercedes – Benz, Scania, Hino, dan lain sebagainya. Salah satu chassis yang banyak diminati oleh Perusahaan Otobus (PO) yaitu chassis dari merk Mercedes – Benz OC500RF – 2542 dengan mesin yang berkode OM 457. Banyak kelebihan akan pemilihan chassis dengan tipe tronton tersebut, ialah dapat dipadukan dengan berbagai jenis dari tipe bodi bus, contohnya adalah bodi bus dengan tipe XHD (Xtra High Deck), SHD (Super High Deck), dan Double Decker yang setiap jenis bodi memiliki jumlah penumpang dan bobot kendaraan yang berbeda – beda. Pada satu jenis chassis menggunakan mesin yang digunakan pada chassis tersebut, sebagai penjelasan chassis Mercedes – Benz OC500RF – 2542 menggunakan mesin dengan kode OM 457. Ketangguhan akan chassis dan mesin dari Mercedes – Benz tersebutlah menjadi salah satu alasan Perusahaan Otobus (PO) yang menggunakan Mercedes – Benz OC500RF – 2542., bobot yang bertambah karena menggunakan jenis bodi bus yang lebih besar dan umur mesin yang sudah lama sering kali mesin tersebut mengalami overheat dikarenakan kinerja mesin terlalu berat, salah satu sistem pendingin untuk mesin adalah memanfaatkan aliran udara untuk mendinginkan mesin, produk dari memanfaatkan aliran udara ini adalah cover grill air intake.
Kata Kunci: Bus, Aliran Udara, Cover Grill Air Intake, Double Decker, Mesin, Overheat