Industri perhotelan menjadi salah satu kategori di bidang jasa yang
memberikan pelayanan mencakup penginapan, restoran, pergelaran acara,
hiburan, akses transportasi dan bahkan sering kali digunakan sebagai urusan
bisnis hingga bidang tambahan lainnya yang termasuk pada pariwisata. Front
Office Department merupakan elemen penting yang terdapat pada industri
hotel, hal tersebut karena department ini berperan utama dalam proses
pelayanan tamu dengan kemampuan yang mumpuni dalam memberikan
respons terhadap permintaan kebutuhan tamu. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada
departemen Front Office di Hyatt Regency Yogyakarta Metode penelitian yang
digunkana adalah metode Deskriptif Kualitatif, sedangkan teknik
pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan studi
Pustaka. Hasil penelitian berupa deskripsi tentang SOP di departemen Front
Office dan pelaksanaannya.
Kata Kunci: Perhotelan, Front Office, Standar Operasional Prosedur (SOP)