TINJAUAN STANDAR OPERASIONAL PEMBERSIHAN KAMAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN TAMU DI DE BRAGA BY ARTOTEL

SALSABILA

Informasi Dasar

93 kali
22.06.275
910.688
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Penelitian ini membahas tentang bagaimana standar operasional dan penerapannya di departemen housekeeping serta bagaimana kualitas pelayanan pada De Braga by Artotel. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya komplain mengenai kebersihan kamar maupun alat fungsi atau fasilitas di kamar yang tidak berfungsi dengan baik. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti merumuskan masalah bagaimana SOP dan penerapannya di departemen housekeeping serta bagaimana kualitas pelayanan pada De Braga by Artotel. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana SOP pembersihan kamar dan penerapannya di departemen housekeeping dan bagaimana kualitas pelayanannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah teknik studi pustaka dan studi lapangan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Standar operasional prosedur tentang kebersihan kamar yang dibahas pada penelitian ini ada dua, yaitu make up room dan cleaning bathroom, 2. Penerapan SOP yang telah peneliti observasi dapat disimpulkan bahwa masih ada beberapa SOP yang tidak dijalankan dengan baik, hal ini terbukti dengan adanya review ketidakpuasan tamu mengenai kebersihan kamar serta ketidak berfungsian room facilities seperti suhu minibar yang tidak dingin, 3. Kualitas pelayanan di De Braga by Artotel sudah sesuai. Dimulai dari faktor reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Namun, untuk faktor tangible dalam pelaksanaannya masih kurang terutama pada fasilitas yang terdapat di kamar, yaitu suhu minibar yang tidak dingin.

Kata kunci: Housekeeping, Standar Operasional Prosedur, Kualitas.

Subjek

HOSPITALITY
HOSPITALITY INDUSTRY,

Katalog

TINJAUAN STANDAR OPERASIONAL PEMBERSIHAN KAMAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN TAMU DI DE BRAGA BY ARTOTEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILA
Perorangan
Edwin Baharta, Dendi Gusnadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Perhotelan
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VHI3A4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini