PENGARUH FAKTOR MAKROEKONOMI DAN MIKROEKONOMI TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Subsektor Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2016 – 2020)

KHAIDAR HAQ RAMADANI THOYIB

Informasi Dasar

22.04.3010
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebelum melakukan transaksi pada pasar modal, investor perlu mendapatkan informasi yang akurat dalam mengambil keputusan untuk membeli atau menjual suatu saham. Investor mempertimbangkan beberapa informasi seperti tingkat inflasi, suku bunga pada suatu negara dan current ratio, debt to equity ratio dalam suatu perusahaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh inflasi, suku bunga, current ratio dan debt to equity ratio terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 – 2020.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 – 2020. Metode dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purpose sampling dengan 17 perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan diperoleh 77 sampel dalam periode 5 tahun. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 12.

Hasil dari penelitian ini didapat bahwa secara simultan variabel inflasi, suku bunga, current ratio dan debt to equity ratio berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 – 2020. Sedangkan secara parsial variabel inflasi, suku bunga, current ratio dan debt to equity ratio tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 – 2020.

Saran dari penelitian ini adalah dapat memberikan beberapa pertimbangan bagi investor untuk memprediksi kemungkinan baik atau buruk pada pasar saham yang akan terjadi dimasa depan dan mempertimbangkan perusahaan yang akan dipilih untuk berinvestasi, serta bagi regulator dapat memantau mengakses informasi dari ancaman yang mempengaruhi stabilitas perekonomian Indonesia.

Kata Kunci : Harga Saham, Makroekonomi, Mikroekonomi

Subjek

ACCOUNTING
ACCOUNTING AND FINANCE,

Katalog

PENGARUH FAKTOR MAKROEKONOMI DAN MIKROEKONOMI TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Subsektor Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2016 – 2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHAIDAR HAQ RAMADANI THOYIB
Perorangan
Khairunnisa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini