PENGARUH BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES), DANA DESA DAN PROFESIONALISME PENGELOLAAN ASET DESA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DESA

MILLENIA AISYAH KUSUMAWARDHANI

Informasi Dasar

22.04.3071
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendapatan asli desa merupakan suatu bentuk usaha oleh pemerintah desa yang digunakan untuk membantu kelancaran pengelolaan pemerintah desa dalam rangka melaksanakan otonomi daerah. Pengukuran pendapatan asli desa sangat penting untuk dapat menilai dan meningkatkan dana pengelolaan serta anggaran pembangunan desa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dana desa dan profesionalisme pengelolaan aset desa secara simultan maupun parsial terhadap Pendapatan Asli Desa pada Desa di Kabupaten Rembang tahun 2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada perangkat desa.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Model analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 26.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dana desa, dan profesionalisme pengelolaan aset desa berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan asli desa. Secara parsial, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan profesionalisme pengelolaan aset desa berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli desa dan variabel dana desa tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli desa.

Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai literatur penelitian selanjutnya, dapat menambah sampel penelitian tidak hanya di Kabupaten Rembang saja tetapi lebih luas lagi ruang lingkupnya, dapat menambah variabel independen lainnya, serta untuk metode pengumpulan data dapat ditambahkan dengan metode wawancara. Diharapkan bagi pemerintah desa di Kabupaten Rembang mampu meningkatkan pendapatan asli desa dengan adanya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perangkat desa di Kabupaten Rembang.

Kata Kunci : BUMDes, Dana Desa, Profesionalisme dan Pendapatan Asli Desa.

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
ACCOUNTING AND FINANCE,

Katalog

PENGARUH BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES), DANA DESA DAN PROFESIONALISME PENGELOLAAN ASET DESA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DESA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MILLENIA AISYAH KUSUMAWARDHANI
Perorangan
Sri Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini