ANALISIS KORELASI SENTIMEN BERITA DAN HARGA SAHAM BERDASARKAN JARINGAN CO-OCCURRENCE

VIDYA SALSABILA PAMBUDI

Informasi Dasar

22.04.3096
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan media sosial yang cukup pesat hingga saat ini memungkinkan siapapun dapat menyebarkan informasi dengan cepat pula.Di pasar global yang semakin terhubung, sentimen suatu berita terhadap perusahaan tidak hanya menunjukkan kinerja pasar itu sendiri, tetapi juga dapat dikaitkan dengan pergerakan pasar yang lebih luas. Hal ini dapat menjadi tantangan sekaligus dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan yang akan diambil oleh investor dalam berinvestasi. Para investor dituntut untuk dapat mengambil suatu keputusan dengan tepat dalam berinvestasi guna untuk memaksimalkan profit. Sehingga, segala informasi terkait investasi dibutuhkan untuk membantu investor dalam pengambilan keputusan.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sentimen yang terbentuk dari suatu berita, melihat pergerakan pasarnya, serta melihat korelasi yang terbentuk antara sentimen berita dan harga saham berdasarkan jaringan co-occurrence. Dalam memahami sentimen berita dari 22 perusahaan pada portal berita CNN untuk jangka waktu 6 tahun, metode  yang digunakan yaitu sentiment analysis dan network analysis. Kemudian, melakukan uji korelasi rank spearman.

Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa sentimen yang telah terbentuk pada berita paling banyak di dominasi oleh sentimen positif, dengan presentase sentimen positif terbanyak dimiliki oleh perusahaan Amazon, serta perusahaan dengan presentase sentimen positif terkecil dimiliki oleh perusahaan General Motors. Kemudian, untuk korelai antara sentimen berita dan pergerakan harga saham pada periode 2016 - 2022 dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa dari 22 perusahaan yang menjadi objek penelitian, 11 perusahaan memiliki korelasi yang diabaikan atau kurang, 10 perusahaan memiliki korelasi yang lemah, dan 1 perusahaan memiliki korelasi yang sedang.

 

Kata kunci: analisis sentimen, network analysis, jaringan co-occurrence, korelasi rank spearman

Subjek

BIG DATA
DATA ANALYSIS,

Katalog

ANALISIS KORELASI SENTIMEN BERITA DAN HARGA SAHAM BERDASARKAN JARINGAN CO-OCCURRENCE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIDYA SALSABILA PAMBUDI
Perorangan
Andry Alamsyah, Dian Puteri Ramadhani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3B4 - BIG DATA AND DATA ANALYTICS
  • EBI1C3 - EKONOMI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini