ANALISIS KUALITAS LAYANAN DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN KARIMUN DENGAN METODE SIX SIGMA

ALIFIA NOORFATIMA SHAHAB

Informasi Dasar

22.04.3108
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

          Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karimun adalah instansi yang berperan penting dalam penyelenggaraan izin usaha di Kabupaten Karimun. Setiap tahunnya, DPMPTSP telah melakukan survei IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat). Namun, IKM merupakan survei yang dilakukan terhadap pelayanan publik tidak spesifik terhadap pelayanan DPMPTSP Padahal informasi terkait kualitas pelayanan sangat penting untuk kelancaran proses perizinan di Kabupaten Karimun.

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas layanan DPMPTSP Karimun dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna jasa dengan metode six sigma. Six sigma merupakan salah satu cara untuk mengetahui kualitas layanan. Six sigma berfokus pada perbaikan proses yang berkelanjutan. Sehingga DPMPTSP diharapkan dapat menerapkan perbaikan proses kualitas jasa yang berkelanjutan serta mengakomodir semua ketidakpuasan layanan.

          Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode campuran. Teknik pengambilan data adalah dengan wawancara, pengambilan data sekunder, dan penyebaran kuesioner. Wawancara dilakukan kepada Kepala Bidang Pengaduan dan Kebijakan Layanan DPMPTSP Karimun. Sedangkan responden dalam penyebaran kuesioner adalah 100 pengguna jasa DPMPTSP Karimun dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Kualitas layanan dianalisis menggunakan metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) six sigma. Sedangkan faktor-faktor seperti fasilitas, sistem informasi, jaminan petugas, kecepatan layanan, customer service dan biaya dianalisis menggunakan QFD, regresi, dan simulasi Monte-Carlo.

          Hasil dari penelitian ini, nilai sigma DPMPTSP adalah 3.59. Artinya, kinerja layanan DPMPTSP belum maksimal. Adapun faktor-faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna jasa DPMPTSP adalah jaminan dari petugas dalam melayani, kecepatan layanan perizinan, dan kecepatan merespon pengaduan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu DPMPTSP Karimun dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas layanan serta memaksimalkan kepuasan pengguna jasa dengan cara meningkatkan kinerja faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna jasa.

Subjek

Six sigma
SERVICE MARKETING-MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS KUALITAS LAYANAN DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN KARIMUN DENGAN METODE SIX SIGMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIFIA NOORFATIMA SHAHAB
Perorangan
Rr. Rieka Febriyani Hutami
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3J4 - MANAJEMEN KUALITAS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini