PENGARUH ADOPSI E-COMMERCE, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM (STUDI KASUS : SENTRA SEPATU CIBADUYUT)

RISMA DAYANTI

Informasi Dasar

22.04.3109
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

 

Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan kemampuan nasional dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Tujuan utama dari pembangunan, khususnya bidang pembangunan ekonomi yaitu untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat. Peran masyarakat dalam pembangunan nasional, utamanya dalam pembangunan ekonomi adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan menggunakan media komputer sebagai perantara transaksi bisnis. adopsi e-commerce merupakan suatu keputusan dari pemilik dan manajer puncak UMKM untuk menggunakan sepenuhnya ide baru berupa e-commerce sebagai cara bertindak yang paling baik. Studi ini membahas bagaimana adopsie-commerce mempengaruhi kinerja bisnis UMKM.

Penelitian ini merupakan deskriptif (kausal) yang menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 82 responden dengan melakukan penyebaran kuesioner secara langsung. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah pelaku UMKM. Teknik pengolahan data menggunakan SEM PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel orientasi kewirausahaan , orientasi pasar , adopsi e - commerce , kinerja bisnis . Dan terdapat hubungan yang tidak signifikan antara variabel e ntrepreneu rial o orientasi terhadap kinerja bisnis . _ _ Dan variabel m arket o orientation terhadap sebuah doption e-commerce .

Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Adopsi e-commerce , Kinerja bisnis.

Subjek

KEWIRAUSAHAAN
ENTREPRENEURSHIP,

Katalog

PENGARUH ADOPSI E-COMMERCE, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM (STUDI KASUS : SENTRA SEPATU CIBADUYUT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISMA DAYANTI
Perorangan
Sunu Puguh Hayu Triono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0C4 - MANAJEMEN BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini