Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan kemampuan nasional dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Tujuan utama dari pembangunan, khususnya bidang pembangunan ekonomi yaitu untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat. Peran masyarakat dalam pembangunan nasional, utamanya dalam pembangunan ekonomi adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan menggunakan media komputer sebagai perantara transaksi bisnis. adopsi e-commerce merupakan suatu keputusan dari pemilik dan manajer puncak UMKM untuk menggunakan sepenuhnya ide baru berupa e-commerce sebagai cara bertindak yang paling baik. Studi ini membahas bagaimana adopsie-commerce mempengaruhi kinerja bisnis UMKM.
Penelitian ini merupakan deskriptif (kausal) yang menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 82 responden dengan melakukan penyebaran kuesioner secara langsung. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah pelaku UMKM. Teknik pengolahan data menggunakan SEM PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel orientasi kewirausahaan , orientasi pasar , adopsi e - commerce , kinerja bisnis . Dan terdapat hubungan yang tidak signifikan antara variabel e ntrepreneu rial o orientasi terhadap kinerja bisnis . _ _ Dan variabel m arket o orientation terhadap sebuah doption e-commerce .
Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Adopsi e-commerce , Kinerja bisnis.