PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP BRAND AWARENESS PADA PRODUK UMKM

HANIFA AJENG SUPARTIWI

Informasi Dasar

22.05.094
302.23
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Revolusi teknologi informasi yang berkembang berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam kebiasaan baru masyarakat pada dalam menjalankan bisnis baik dalam segi menaikkan nama merk ataupun penjualan serta pendapatan. Salah satunya adalah UMKM Opak Cimanggung yang beradaptasi menggunakan media sosial Facebook sebagai media komunikasi dalam pemasarannya guna menghindari fluktuasi penjualan ketika bulan-bulan tertentu saja karena menggunakan cara pemasaran yang konvensional.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Social Media Marketing Facebook sebagai media komunikasi dengan variabel independen yang terdiri dari entertainment, interaction, informativeness, advertisement, dan e-word of mouth terhadap brand awareness pada produk UMKM Opak Cimanggung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder dengan mengumpulkan data yaitu menggunakan kuesioner online melalui google form yang disebarkan kepada 385 responden yang mengikuti akun facebook Opak Cimanggung di Facebook yang berdomisili di Rancaekek – Cicalengka. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.

            Hasil dari penelitian ini adalah Entertainment, Interaction, Informatiiveness, Advertisement, dan E-Word of Mouth secara parsial dan simultan berpangaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness pada produk UMKM Opak Cimanggung.             Penelitian ini menemukan bahwa nilai Interaction memiliki nilai terendah dalam Social Media Marketing. Sedangkan dalam variabel Brand Awareness yang memiliki nilai terendah adalah Recall. Artinya UMKM Opak Cimanggung dapat lebih banyak interaksi atau berbagi informasi pada akun Facebook Opak Cimanggung dengan pengikutnya sehingga konsumen dapat dengan mudah mengingat merk Opak Cimanggung.

 

Kata kunci : Social Media Marketing Facebook, Media Komunikasi, Brand Awareness, UMKM.

Subjek

MANAJEMEN
MEDIA COMMUNICATION,

Katalog

PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP BRAND AWARENESS PADA PRODUK UMKM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANIFA AJENG SUPARTIWI
Perorangan
Maya Ariyanti, Nurvita Trianasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • MM200214 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • EMI1B3 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini