Pandemi Covid-19 yang menyebar secara global memberikan dampak yang sangat serius kepada masyarakat dan ekonomi di seluruh dunia dan mengubah secara drastis perilaku masyarakat, termasuk cara mendapatkan barang. Penelitian ini akan mengkaji preferensi konsumen dalam memilih tempat belanja antara supermarket atau minimarket selama era Covid-19. Dengan sampel sebanyak 246 responden, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penskalaan multidimensi (multidimensional scaling – MDS) untuk mengetahui preferensi belanja tersebut. Atribut yang digunakan mencakup kualitas, harga, lokasi, variasi produk, dan pelayanan. Analisis MDS menunjukkan bahwa pada gambar visual spatial map diketahui jika dimensi satu merupakan layanan kemudian pada dimensi dua ialah produk. Pada dimensi satu ditemukan faktor lokasi dan pelayanan, kemudian pada dimensi dua terdapat faktor kualitas, harga, dan variasi produk. Selama era Covid-19, diketahui bahwa pelanggan memilih preferensi tempat berbelanja pada store format supermarket. Faktor yang paling mempengaruhinya yaitu faktor kualitas (kualitas produk, produk terkenal, garansi produk), harga (level harga, hari diskon), dan variasi produk (variasi pemilihan merek, tingkat stok tinggi). Adapun indikator faktor yang harus diperbaiki oleh store format supermarket yakni faktor lokasi (jarak dari tempat tinggal, ketersediaan akses transportasi umum, dan kemudahan akses parkir) serta faktor pelayanan (ketersediaan fasilitas member card khusus, kecepatan transaksi pembayaran serta ketersediaan fasilitas pembayaran melalui kartu kredit).