PERUBAHAN ORGANISASI DALAM TRANSISI PT PEGADAIAN MENJADI ANAK PERUSAHAAN PT BANK RAKYAT INDONESIA PERSERO TBK (STUDI KASUS PADA PT PEGADAIAN KANTOR WILAYAH X BANDUNG)

MUHAMMAD FAHREZA AL GHIFARI

Informasi Dasar

22.04.3197
380.06
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perubahan organisasi bergabungnya PT Pegadaian menjadi anak perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai wujud dari pembentukan holding ultra mikro. Dalam proses perubahannya, PT Pegadaian mendapat resistensi dari karyawannya sehingga membuat iklim organisasi tidak stabil. Oleh karena itu, PT Pegadaian melakukan strategi komunikasi organisasi dalam upaya meredam resistensi dan mengembalikan iklim perusahaan agar kembali stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran komunikasi organisasi dalam proses transisi perusahaan menjadi anak perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus dengan memaparkan proses perubahan organisasi yang dilakukan oleh PT Pegadaian. Penelitian ini juga menggunakan paradigma post-positivisme dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data atau dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, PT Pegadaian telah mengimplementasikan strategi komunikasi organisasi dalam upaya menstabilkan iklim perusahaan akibat adanya resistensi terhadap perubahan. PT Pegadaian melakukan jalur komunikasi internal dengan melibatkan orang-orang dalam hal ini Serikat Pekerja sebagai perwakilan dari karyawan PT Pegadaian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Serikat Pekerja berperan penting dalam membantu perusahaan mengembalikan iklim perusahaan.

Subjek

MANAJEMEN ORGANISASI
MANAGEMENT ORGANIZATION,

Katalog

PERUBAHAN ORGANISASI DALAM TRANSISI PT PEGADAIAN MENJADI ANAK PERUSAHAAN PT BANK RAKYAT INDONESIA PERSERO TBK (STUDI KASUS PADA PT PEGADAIAN KANTOR WILAYAH X BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAHREZA AL GHIFARI
Perorangan
Ayub Ilfandy Imran
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KHI3L3 - KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN SOSIAL
  • KHI3D3 - KOMUNIKASI KORPORASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini