PT. KAI Persero merupakan salah satu perusahan penyedia jasa transportasi terbesar, khususnya transportasi darat di sektor Kereta Api. Sebagai perusahaan transportasi, PT. KAI memiliki unit satuan kerja yang berfungsi sebagai penilai serta pengawas kegiatan yang bertanggung jawab terhadap kinerja internal perusahaan dan keberadaan unit kerja tersebut sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan perusahaan. Perancangan pada kantor SPI ini merupakan perancangan ulang dikarenakan sarana dan fasilitas kurang memadai dan lahan yang tidak dimanfaatkan dengan baik, sehingga diperlukannya perancangan ulang yang mampu membuat para karyawan di dalamnya merasa nyaman dan juga semangat dalam beraktivitas di kantor. Permasalahan yang terdapat pada kantor ini adalah belum tercerminnya identitas perusahaan PT. KAI, pengaturan ruang yang belum sesuai standar dan kebutuhan serta aktivitas, pencahayaan dan penghawaan yang belum optimal, serta belum terfasilitasinya fasilitas penunjang di ruang. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang ulang kantor unit SPI melalui identitas korporat sehingga dapat menciptakan pengoptimalan standarisasi pada kantor, memaksimalkan fasilitas dan kebutuhan aktivitas pada pengguna. Metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu dengan wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan studi banding. Konsep yang digunakan dalam perancangan kantor ini adalah Efektivitas yang diambil dari logo dan visi misi PT KAI yang akan diimplementasikan ke dalam perancangan.
Kata kunci: kantor, PT. KAI Persero, interior, redesain