Strategi Digital Marketing Untuk Membangun Brand Awareness Batik di Sanggar Batik Katura Cirebon

GALIH MANDALA PUTRA

Informasi Dasar

22.05.106
621.380.413
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Sanggar Batik Katura Cirebon merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan batik khas Cirebon dengan berbagai jenis bahan seperti sutra, semi sutra, dan katun sanwos dengan komoditas produknya Batik Mega Mendung. Sistem transaksi yang digunakan pada Batik Katura masih konvesional yaitu konsumen datang secara langsung ke toko untuk membeli produk atau ingin belajar membatik. Kendala yang dihadapi Sanggar Batik Katura saat ini adalah sulitnya memasarkan atau menjual produk komoditasnya ke luar kota atau daerah dan hanya bisa memasarkannya di wilayah Cirebon saja, serta kurangnya integrasi Promosi Digital mengenai informasi produk baru, dan berdampak pada kurang maksimalnya pendapatan toko.

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi Digital Marketing dalam menciptakan brand awareness di Sanggar Batik Katura Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan pendekatan eksperimentatif dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, survei, studi literatur dan dokumentasi.

Dalam mengoptimalisasi pemasaran produk untuk membangun kesadaran merek di Sanggar Batik Katura, maka data selanjutnya dianalisis menggunakan Digital Marketing Strategy, dan Brand Awareness Strategy. Perancangan penelitian ini berupa rebranding logo, marketing message dan tagline, poster dan konten, media sosial, user interface dan user experience website Batik Katura. Seluruh proses tahapan rancangan penelitian divalidasi menggunakan metode triangulasi, dan semantic differential. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak pada peningkatan brand awareness produk Batik Katura yang kreatif melalui penerapan digital marketing di Sanggar Batik Katura Cirebon.  Sehingga dengan demikian akan mampu memberikan dampak peningkatan yang siginigfikan terhadap aspek ekonomi pengrajin dan aspek pelestarian nilai-nilai kearifan lokal.

Kata Kunci: Sanggar Batik Katura; Mega Mendung; Digital Marketing; Brand Awareness.

 

Subjek

BRAND AWARENESS
BRAND MANAGEMENT,

Katalog

Strategi Digital Marketing Untuk Membangun Brand Awareness Batik di Sanggar Batik Katura Cirebon
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GALIH MANDALA PUTRA
Perorangan
Fajar Ciptandi, Morinta Rosandini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DMI1E3 - DESAIN DAN BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini