Sanggar Batik Katura Cirebon merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan batik khas Cirebon dengan berbagai jenis bahan seperti sutra, semi sutra, dan katun sanwos dengan komoditas produknya Batik Mega Mendung. Sistem transaksi yang digunakan pada Batik Katura masih konvesional yaitu konsumen datang secara langsung ke toko untuk membeli produk atau ingin belajar membatik. Kendala yang dihadapi Sanggar Batik Katura saat ini adalah sulitnya memasarkan atau menjual produk komoditasnya ke luar kota atau daerah dan hanya bisa memasarkannya di wilayah Cirebon saja, serta kurangnya integrasi Promosi Digital mengenai informasi produk baru, dan berdampak pada kurang maksimalnya pendapatan toko.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi Digital Marketing dalam menciptakan brand awareness di Sanggar Batik Katura Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan pendekatan eksperimentatif dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, survei, studi literatur dan dokumentasi.
Dalam mengoptimalisasi pemasaran produk untuk membangun kesadaran merek di Sanggar Batik Katura, maka data selanjutnya dianalisis menggunakan Digital Marketing Strategy, dan Brand Awareness Strategy. Perancangan penelitian ini berupa rebranding logo, marketing message dan tagline, poster dan konten, media sosial, user interface dan user experience website Batik Katura. Seluruh proses tahapan rancangan penelitian divalidasi menggunakan metode triangulasi, dan semantic differential. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak pada peningkatan brand awareness produk Batik Katura yang kreatif melalui penerapan digital marketing di Sanggar Batik Katura Cirebon. Sehingga dengan demikian akan mampu memberikan dampak peningkatan yang siginigfikan terhadap aspek ekonomi pengrajin dan aspek pelestarian nilai-nilai kearifan lokal.
Kata Kunci: Sanggar Batik Katura; Mega Mendung; Digital Marketing; Brand Awareness.