Aplikasi Marketplace Modul Penjualan Produk dan Sistem Pembayaran Menggunakan Metode Payment Gateway (Studi Kasus di BUMDes Bojongsoang, Bandung)

TERY YULIANI

Informasi Dasar

22.06.381
657.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Desa Bojongsoang merupakan Desa yang berlokasi di Jalan Raya Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat yang memiliki berbagai macam jenis UMKM yang bergerak di bidang usaha dagang dan jasa. Semua jenis penjualan UMKM yang berada di bawah naungan BUMDes Bojongsoang masih menggunakan sistem konvensional yang mengharuskan pembeli untuk datang langsung ke tempat pelaku usaha dan sistem pembayaran yang digunakan masih menggunakan sistem pembayaran tunai. Terdapat berbagai masalah dalam proses pencatatan akuntansi, terutama pada pencatatan penjualan dan laporan penjualan. Aplikasi Marketplace ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan Framework Codeigniter. Fungsionalitas yang dimiliki antara lain menangani proses penjualan produk UMKM, menangani sistem pembayaran penjualan dengan metode payment gateway menggunakan virtual account, pencatatan akuntansi seperti jurnal umum, buku besar, serta laporan pertransaksi penjualan, menarik dana penjualan yang masuk dan bisa membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualannya khususnya dalam kondisi Pandemi ini dan dana yang di hasilkan bisa membantu perekonomian di Desa Bojongsoang. Pengujian aplikasi ini menggunakan Black Box Testing. Metode pengerjaan perangkat lunak ini menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC). Proses perancangan dengan metode pemodelan sistem Unified Modeling Language (UML), dan perancangan skema database Entity Relationship Diagram (ERD), serta database My Structured Query Language (MySQL).

 

Kata Kunci: Penjualan, Marketplace, Sistem Pembayaran, Payment Gateway, Pencatatan Akuntansi

 

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
ACCOUNTING COMPUTER PROGRAMS,

Katalog

Aplikasi Marketplace Modul Penjualan Produk dan Sistem Pembayaran Menggunakan Metode Payment Gateway (Studi Kasus di BUMDes Bojongsoang, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TERY YULIANI
Perorangan
Rochmawati, Ira Yuniar
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VAI3E4 - PROYEK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini