REAL-TIME MONITORING KUALITAS AIR SUNGAI PONGGOK BERBASIS WEBSITE DAN APLIKASI, SEBAGAI MITIGASI GAGAL PANEN IKAN NILA DI DESA NGANJAT

PRAHASDITYA

Informasi Dasar

22.06.406
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Musim pancaroba sangat mempengaruhi kualitas air seperti pH, suhu, dan kekeruhan air sehingga dapat menyebabkan budidaya ikan nila terganggu bahkan mengalami gagal panen. Ketika hujan tiba-tiba turun, pH air akan turun dan menyebabkan kematian ikan nila karena tidak diantisipasi oleh petambak. Pemantauan kualitas air di desa Nganjat masih dilakukan secara manual sehingga tidak dapat dipantau secara real-time.

Real-time monitoring memungkinkan pengguna untuk tetap dapat memantau kualitas air secara langsung tanpa harus berada di lokasi. Monitoring secara online dengan menggunakan komunikasi LoRa ini adalah sebagai mitigasi gagal panen pada tambak nila di Desa Nganjat. Alat monitoring ini akan dipasangkan pada tiga titik di Desa Nganjat lalu data akan disatukan dan diolah dalam MySQL sehingga menghasilkan keluaran yang diinginkan.

Dari proyek akhir sistem monitoring ini didapatkan hasil fungsional pada fitur dan akses yang didapat oleh role user maupun admin berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya dan kebutuhan bagi masyarakat Desa Nganjat. Role admin dapat melakukan monitoring kondisi air yang terdiri dari pH, Kekeruhan dan Suhu air, mendapatkan akses CRUD konten sebagai media informasi Desa Nganjat dan melihat history kualitas air dan role user dapat melakukan monitoring kondisi air, melihat history kualitas air dan melihat konten informasi Desa Nganjat. Berdasarkan uji implementsi yang dilakukan untuk mengetahui penggunaan fitur dan performa dari sistem monitor yang telah dibuat tersebut, 46,2 % dari 37 responden menilai sangat setuju, 48,2 % menilai setuju, dan 5,6% menilai netral.

Kata kunci : real-time, monitoring, website, aplikasi, MySQL database, hosting, CRUD

Subjek

WATER QUALITY MONITORING
QUALITY CONTROL,

Katalog

REAL-TIME MONITORING KUALITAS AIR SUNGAI PONGGOK BERBASIS WEBSITE DAN APLIKASI, SEBAGAI MITIGASI GAGAL PANEN IKAN NILA DI DESA NGANJAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRAHASDITYA
Perorangan
Dadan Nur Ramadan, Indrarini Dyah Irawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2C2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS
  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini