PENGARUH POLITICAL VISIBILITY, SALES GROWTH DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018 – 2020)

BRILYAN YUSUF AKBAR

Informasi Dasar

22.04.3468
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

            Kerusakan lingkungan yang semakin marak terjadi di Indonesia akibat aktivitas produksi dan operasional perusahaan, Pada hakikatnya lingkungan adalah hal penting yang wajib diperhatikan oleh perusahaan ketika menjalankan aktivitas produksi dan operasional perusahaan. Corporate social responsibility disclosure di Indonesia juga masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Pada hakikatnya CSRD adalah hal penting yang wajib diungkapkan perusahaan guna memberi informasi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan serta memperhatikan dan terlibat pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat dan turut berkontribusi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis political visibilitysales growth, komisaris independen terhadap corporate social responsibility disclosure. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan pengaruh political visibilitysales growth, komisaris independen terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 56 sample dengan kurun waktu 3 tahun dengan total sample 168. jenis data yang digunakan adalah data sekunder menggunakan laporan keuangan dan analisis data menggunakan regresi data panel dengan program EViews 12. 

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa political visibilitysales growth dan komisaris independen berpengaruh secara simultan terhadap corporate social responsibility disclosure. Secara parsial political visibility berpengaruh positif dan sales growth berpengaruh negatif sedangkan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure.

            Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi dan menambah pengetahuan pada bidang akuntansi serta menjadi perbandingan selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel-variabel yang sekiranya berpengaruh terhadap corporate social responsibility.

 

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Komisaris Independen, Political VisibilitySales Growth.

Subjek

ACCOUNTING
SOCIAL RESPONSIBILITY,

Katalog

PENGARUH POLITICAL VISIBILITY, SALES GROWTH DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018 – 2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BRILYAN YUSUF AKBAR
Perorangan
Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH1C4 - AKUNTANSI BIAYA
  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini